Pengembangan LKPD Model Blended Learning dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA kelas VIII Semester I

Sinaga, Lediana (2023) Pengembangan LKPD Model Blended Learning dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA kelas VIII Semester I. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206174010_Cover.pdf] Text
8206174010_Cover.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 8206174010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206174010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of 8206174010_Abstrak.pdf] Text
8206174010_Abstrak.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8206174010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206174010_Kata_Pengantar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 8206174010_Daftar_Isi.pdf] Text
8206174010_Daftar_Isi.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 8206174010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206174010_Daftar_Tabel.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8206174010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206174010_Daftar_Gambar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8206174010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206174010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8206174010_BAB_I.pdf] Text
8206174010_BAB_I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 8206174010_BAB_V.pdf] Text
8206174010_BAB_V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8206174010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206174010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model blended learning. LKPD model blended learning pada pembelajaran IPA menjadi bahan ajar yang tepat digunakan selama belajar IPA pada tingkat SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau disebut R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII dengan jumlah 49 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian validasi ahli materi, media dan bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara guru, observasi kegiatan belajar dan angket. Hasil validasi penilaian terhadap LKPD dari ahli materi 78% dengan kriteria “Layak”, ahli media 96% dengan kriteria “Sangat Layak” dan ahli bahasa 92% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian dari guru memperoleh 81% dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian penilaian dari angket respon peserta didik tahap uji coba memperoleh 88% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji independent t-test, diketahui nilai thitung sebesar 13,345 > ttabel sebesar 1,984 dengan signifikansi sebesar 0,00 dan nilai signifikansi sig. (2-tailed) menunjukkan nilai [p] < 0,05. Pengaruh hasil belajar dari pretest memperoleh skor rata-rata 61,02 dan postest memperoleh rata-rata 88,34. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain sesuai dengan kategori, diketahui bahwa nilai rata-rata pretest-postest sebesar 0,67 termasuk dalam kategori sedang. Sementara rata-rata nilai N-Gain Score untuk pretest-postest sebesar 66,61% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD model blended learning berpengaruh cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.72 Sin p
Keywords: Pengembangan, LKPD Model Blended Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 04:31
Last Modified: 28 May 2024 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58019

Actions (login required)

View Item
View Item