Ningsih, Wan Nur Diana (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173331034 COVER.pdf
Download (274kB)
2. NIM. 5173331034 APPROVA SHEET.pdf
Download (577kB)
3. NIM. 5173331034 ABSTRACT.pdf
Download (279kB)
4. NIM. 5173331034 PREFACE.pdf
Download (392kB)
5. NIM. 5173331034 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (277kB)
6. NIM. 5173331034 TABLES.pdf
Download (365kB)
7. NIM. 5173331034 ILLUSTRATION.pdf
Download (365kB)
8. NIM. 5173331034 APPENDICES.pdf
Download (364kB)
9. NIM. 5173331034 CHAPTER I.pdf
Download (742kB)
13. NIM. 5173331034 CHAPTER V.pdf
Download (420kB)
14. NIM. 5173331034 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (450kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prosedur pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran instalasi motor listrik, (2) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran instalasi motor listrik, (3) Bentuk atau wujud Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dimana hanya dilaksanakan sampai tahap kelima yaitu: (1) Pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Produk Awal, (4) Uji Coba Terbatas (diganti menjadi uji kelayakan), (5) Revisi Uji Coba Terbatas (diganti menjadi revisi hasil produk akhir). Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMK Swasta Dwiwarna Medan. Uji kelayakan produk dinilai oleh tiga ahli materi, tiga ahli media serta tiga ahli bahasa. Selain itu juga dilakukan pengujian respon pengguna yaitu peserta didik. Teknik analisis data menggunakan instrument angket yang kemudian akan dikategorikan berdasarkan skala likert. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disusun berdasarkan sintaks silabus berisi peta konsep, KI/KD, tujuan, manfaat, materi, lembar pratikum dan soal latihan berbentuk kasus , uji kompetensi dan essay; (2) Hasil uji kelayakan oleh tiga ahli materi mendapatkan persentase sebesar 92,72% dengan kategori sangat layak, ahli media 86,67% dengan kategori sangat layak dan ahli bahasa 87,14% dengan kategori sangat layak serta respon pengguna sebesar 84,37% dengan kategori sangat tinggi; (3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dikembangkan dalam bentuk buku dengan warna biru muda dan hitam sebagai warna sampul serta halaman lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Lembar Kerja Peserta Didik; Instalasi Motor Listrik |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:20 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58012 |