Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 3 Dimensi Berbasis Android

Syahputra, Rizky Yurdan (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 3 Dimensi Berbasis Android. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173351040 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5173351040 COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5173351040 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5173351040 APPROVAL SHEET.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5173351040 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5173351040 ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5173351040 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5173351040 PREFACE.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5173351040 TABEL OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5173351040 TABEL OF CONTENT.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5173351040 TABELS.pdf] Text
6. NIM. 5173351040 TABELS.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5173351040 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5173351040 ILLUSTRATION.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5173351040 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5173351040 APPENDICES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5173351040 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5173351040 CHAPTER I.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5173351040 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5173351040 CHAPTER V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5173351040 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5173351040 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis android yang dapat membantu siswa dalam belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Blender, Unity 3D, dan Visual Studio. Penelitian ini menggunakan model Waterfall dengan menggunakan lima tahapan, yaitu Communication, Planning, Modeling, Construction, dan Deployment. Target dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran teknik animasi 3 dimensi dan siswa kelas XII Multimedia, SMK PAB I Helvetia. Pengujian media dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pengujian blackbox dengan hasil bahwa media sudah sesuai dengan yang diharapkan, pengujian kelayakan materi yang mendapatkan hasil 4,5 yang berarti sangat baik, pengujian kelayakan media yang mendapatkan nilai 4,8 yang berarti sangat baik, pengujian akseptabilitas pengguna yang mendapatkan hasil 4,7 yang berarti sangat baik, dan pengujian efektivitas yang mendapatkan hasil 78,34 yang berarti efektif. Dengan demikian, media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan telah lulus uji coba dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran,; Augmented reality; Blender; Unity 3D; Visual Studio
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4550 Motion pictures. Video recordings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 May 2024 04:13
Last Modified: 28 May 2024 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58007

Actions (login required)

View Item
View Item