Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP 37 Negeri Medan

Sembiring, Putri Deliana (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP 37 Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3193311033_Cover.pdf] Text
3193311033_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 3193311033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193311033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 3193311033_Abstrak.pdf] Text
3193311033_Abstrak.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 3193311033_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193311033_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 3193311033_Daftar_Isi.pdf] Text
3193311033_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 3193311033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193311033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 3193311033_BAB_I.pdf] Text
3193311033_BAB_I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 3193311033_BAB_V.pdf] Text
3193311033_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 3193311033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193311033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn. Dan dengan penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui bagaiman pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan mengacu kepada pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi, dan lembar hasil tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan penghitungan statistik yang berbentuk data angka dan dengan membandingkan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen dan kelompok control. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pemebelajaran problem based learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 37 Medan. Hasil ini berdasarkan fakta yang ditemukan pada pada kelas eksperimen (VII B). Dari pengolahan data diperoleh nilai t-hitung sebesar 9.402 sedangkan t-tabel sebesar 1,671, hal ini berarti t-hitung > t-tabel maka Ha diterima, dan dengan itu Ha menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 37 Medan dan Ho menyatakan tidak dapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 37 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:40
Last Modified: 03 Jun 2024 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57973

Actions (login required)

View Item
View Item