Tarigan, Catrin Octovani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Penyajian Materi Berbasis Digital Storytelling Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5172151007 COVER.pdf
Download (55kB)
2. 5172151007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (784kB)
3. 5172151007 ABSTRACT.pdf
Download (238kB)
4. 5172151007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (142kB)
5. 5172151007 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (108kB)
6. 5172151007 LIST OF TABLE.pdf
Download (51kB)
7. 5172151007 LIST OF FIGURES.pdf
Download (62kB)
8. 5172151007 LIST OF ATTACHMENT.pdf
Download (45kB)
9. 5172151007 CHAPTER I.pdf
Download (264kB)
13. 5172151007 CHAPTER V.pdf
Download (171kB)
14. 5172151007 REFERENCES.pdf
Download (175kB)
Abstract
Adapun maksud dari penelitian dan pengembangan yang dikatakan dalam tulisan ini adalah supaya adanya produk berupa media belajar yang bersifat interaktif dengan penyajian materi berbasis digital storytelling yang layak digunakan oleh pendidik maupun pemateri serta siswa-siswi maupun audiens. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah rasa antusias siswa terhadap penyampaian topik materi pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 10 Medan. Model yang dipakai dalam pengembangan yakni, model ADDIE dengan lima tahap penelitian, yaitu: tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil dari penelitian berupa produk digital format HTML yang selanjutnya di publish ke website menggunakan Github sehingga dapat diakses melaui link https://catrinot.github.io/DDG/ Subjek penelitian yang digunakan terdiri atas ahli materi, ahli desain media pembelajaran, dan ahli media. Serta untuk mengetahui hasil belajar sebagai objek dari penelitian ini, media diimplementasikan untuk siswa kelas X Multimedia tahun pelajaran 2021/2022 di SMK Negeri 10 Medan. Terdapat 2 kelompok yang digunakan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan tahap penelitian yang dilewati yaitu tahap pretest, tahap perlakuan (treatment), dan tahap posttest. Hasil dari penilaian ahli media terhadap media berkategori “sangat layak” dengan perolehan persentase 96,4%, hasil dari penilaian oleh ahli desain media pembelajaran berkategori “sangat layak” mendapat perolehan persentase 85%, dan hasil penilaian oleh ahli materi berkategori "layak" dengan perolehan persentase 76%. Untuk hasil uji beda berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas Kolmogorov Smirnov, maka dapat disimpulkan data menyebar secara normal. Selanjutnya yang dilakukan adalah uji paired sample t test. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Paired Sample t Test disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk itu tahap selanjutnya yang dilakukan adalah Uji Homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh hasil varians 1 ≠ varians 2, sehingga dapat disimpulkan data tidak homogen. Dikarenakan data terdistribusi normal namun tidak homogen maka dilakukan Uji Mann Whitney. Untuk pengujian dua pihak dengan harga α = 0,05 diperoleh Ztabel = 1,96 dan nilai
Zhit = - 5,165299672, hal ini menyatakan bahwa Zhit ternyata lebih besar dari Ztabel (5,16 > 1,96) ingat harga negatif tidak diperhitungkan karena harga mutlak. Dengan demikian H_0 diterima dan H_1 ditolak yang dapat diartikan artinya ada perbedaan yang signifikan nilai siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk uji efektivitas, berdasarkan uji n-gain pada kelas eksperimen diperoleh skor 0,7315 yang termasuk kategori tinggi dengan nilai persentase n-gain yang diperoleh adalah 73,15 dan termasuk dalam kategori cukup efektif . Berdasarkan uji n-gain pada kelas kontrol diperoleh skor 0,3255 yang termasuk kategori sedang dengan nilai persentase n-gain yang diperoleh adalah 32,55 dan termasuk dalam kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil uji n-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut maka dapat dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif dengan penyajian materi berbasis digital storytelling lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang melakukan sistem pembelajaran seperti biasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Digital Storytelling; Dasar Desain Grafis |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 03:18 |
Last Modified: | 28 May 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57972 |