Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android di SMK Telkom 1 Medan

Purba, Muhammad Ghozali (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android di SMK Telkom 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173351031 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5173351031 COVER.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2. NIM.5173351031 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.5173351031 APPROVAL SHEET.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5173351031 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5173351031 ABSTRACT.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5173351031 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5173351031 PREFACE.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5173351031 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5173351031 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5173351031 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5173351031 TABLES.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5173351031 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5173351031 ILLUSTRATION.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5173351031 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5173351031 APPENDICES.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5173351031 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5173351031 CHAPTER I.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5173351031 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5173351031 CHAPTER V.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5173351031 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5173351031 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (274kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) merancang dan mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar; (3) dan mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK Telkom 1 Medan. Prosedur pengembangan media dilakukan dengan metode Research and Development atau lebih dikenal dengan R&D dan menggunakan model waterfall. Model waterfall memiliki 4 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pembuatan kode program atau implementasi dan pengujian. Pengujian terhadap media pembelajaran oleh validator media, validator materi dan akseptasi/pengguna menunjukkan bahwasanya media pembelajaran yang dihasilkan mendapat kategori layak berdasarkan skor 4,06 pada validasi materi, dan mendapat kategori sangat layak berdasarkan skor 4,27 pada validasi media, serta mendapat kategori sangat tinggi berdasarkan skor 4,47 pada validasi akseptasi/pengguna. Pengujian keefektifan terhadap media pembelajaran teruji meningkatkan hasil belajar siswa terlihat dari adanya gain sejumlah 0,62 yang termasuk ke dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Augmented Reality; Unity 3D; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 May 2024 03:07
Last Modified: 28 May 2024 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57969

Actions (login required)

View Item
View Item