Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3-Dimensi Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Tkj Di Smk Negeri 1 Bandar Masilam

Lumban Gaol, Liana (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3-Dimensi Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Tkj Di Smk Negeri 1 Bandar Masilam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5173151021 COVER.pdf] Text
1. 5173151021 COVER.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 2. 5173151021 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 5173151021 APPROVAL SHEET.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 3. 5173151021 PREFACE.pdf] Text
3. 5173151021 PREFACE.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 4. 5173151021 ABSTRACT.pdf] Text
4. 5173151021 ABSTRACT.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 5. 5173151021 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 5173151021 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 6. 5173151021 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. 5173151021 ILLUSTRATION.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 7. 5173151021 TABLES.pdf] Text
7. 5173151021 TABLES.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 8. 5173151021 APPENDICES.pdf] Text
8. 5173151021 APPENDICES.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 9. 5173151021 CHAPTER I.pdf] Text
9. 5173151021 CHAPTER I.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 13. 5173151021 CHAPTER V.pdf] Text
13. 5173151021 CHAPTER V.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 14. 5173151021 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 5173151021 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan performa media pembelajaran serta mengetahui tingkat kelayakan pada media pembelajaran interaktif 3-dimensi pada mata pelajaran sistem computer kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bandar Masilam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Instrumen yang digunakan berupa angket yang akan divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media dan juga pengguna yaitu sebanyak 30 orang siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bandar Masilam untuk menghitung nilai akseptabilitas dari media pembelajaran interaktif tersebut. Validasi ini bertujuan untuk menguji kelayakan dari media pembelajaran interaktif tersebut. Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran interaktif ini didapatkan bahwa hasil penilaian ahli materi sebesar 4,25 termasuk kategori sangat layak, hal ini menunjukan bahwa materi yang ada pada media pembelajaran interaktif tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di kelas khususnya pada mata pelajaran Sistem Komputer kelas X TKJ. Berdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 4,38 termasuk kategori sangat layak, hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif tersebut layak dan mampu meningkatkan minat siswa untuk lebih memahami pelajaran. Kelayakan media pembelajaran interaktif berdasarkan tingkat akseptansi siswa sebanyak 30 siswa diperoleh hasil nilai sebesar 4,74 dengan katogori tingkat akseptansi sangat tinggi yang artinya media dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Beradarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif 3-dimensi ini sangat layak digunakan pada mata Sistem Komputer kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bandar Masilam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Kelayakan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 May 2024 02:53
Last Modified: 28 May 2024 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57960

Actions (login required)

View Item
View Item