Lumban Gaol, Liana (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3-Dimensi Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Tkj Di Smk Negeri 1 Bandar Masilam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5173151021 COVER.pdf
Download (10MB)
2. 5173151021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (11MB)
3. 5173151021 PREFACE.pdf
Download (10MB)
4. 5173151021 ABSTRACT.pdf
Download (10MB)
5. 5173151021 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (10MB)
6. 5173151021 ILLUSTRATION.pdf
Download (10MB)
7. 5173151021 TABLES.pdf
Download (10MB)
8. 5173151021 APPENDICES.pdf
Download (10MB)
9. 5173151021 CHAPTER I.pdf
Download (10MB)
13. 5173151021 CHAPTER V.pdf
Download (10MB)
14. 5173151021 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan performa media pembelajaran serta mengetahui tingkat kelayakan pada media pembelajaran interaktif 3-dimensi pada mata pelajaran sistem computer kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bandar Masilam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Instrumen yang digunakan berupa angket yang akan divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media dan juga pengguna yaitu sebanyak 30 orang siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bandar Masilam untuk menghitung nilai akseptabilitas dari media pembelajaran interaktif tersebut. Validasi ini bertujuan untuk menguji kelayakan dari media pembelajaran interaktif tersebut. Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran interaktif ini didapatkan bahwa hasil penilaian ahli materi sebesar 4,25 termasuk kategori sangat layak, hal ini menunjukan bahwa materi yang ada pada media pembelajaran interaktif tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di kelas khususnya pada mata pelajaran Sistem Komputer kelas X TKJ. Berdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 4,38 termasuk kategori sangat layak, hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif tersebut layak dan mampu meningkatkan minat siswa untuk lebih memahami pelajaran. Kelayakan media pembelajaran interaktif berdasarkan tingkat akseptansi siswa sebanyak 30 siswa diperoleh hasil nilai sebesar 4,74 dengan katogori tingkat akseptansi sangat tinggi yang artinya media dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Beradarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif 3-dimensi ini sangat layak digunakan pada mata Sistem Komputer kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bandar Masilam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Kelayakan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:53 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57960 |