Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa

Harahap, Kamila (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172012_Cover.pdf] Text
8206172012_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 8206172012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of 8206172012_Abstrak.pdf] Text
8206172012_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8206172012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172012_Kata_Pengantar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 8206172012_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172012_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 8206172012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172012_Daftar_Tabel.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8206172012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172012_Daftar_Gambar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8206172012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 8206172012_BAB_I.pdf] Text
8206172012_BAB_I.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of 8206172012_BAB_V.pdf] Text
8206172012_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8206172012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berkualitas yang valid, praktis dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan model Problem Based Learning untuk kelas VIII SMP Negeri 3 Pantai Labu; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir komputasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Tes Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Perangkat pembelajaran model Problem Based Learning telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,36 (kriteria “sedang”) meningkat menjadi 0,51 (kriteria “sedang”) pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Har p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran model Problem Based Learning, kemampuan berpikir komputasi matematis siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 02:18
Last Modified: 28 May 2024 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57947

Actions (login required)

View Item
View Item