Harahap, Kamila (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8206172012_Cover.pdf
Download (51kB)
8206172012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (848kB)
8206172012_Abstrak.pdf
Download (127kB)
8206172012_Kata_Pengantar.pdf
Download (190kB)
8206172012_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
8206172012_Daftar_Tabel.pdf
Download (66kB)
8206172012_Daftar_Gambar.pdf
Download (127kB)
8206172012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
8206172012_BAB_I.pdf
Download (878kB)
8206172012_BAB_V.pdf
Download (139kB)
8206172012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (341kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berkualitas yang valid, praktis dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan model Problem Based Learning untuk kelas VIII SMP Negeri 3 Pantai Labu; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir komputasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Tes Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Perangkat pembelajaran model Problem Based Learning telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,36 (kriteria “sedang”) meningkat menjadi 0,51 (kriteria “sedang”) pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Har p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran model Problem Based Learning, kemampuan berpikir komputasi matematis siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57947 |