Sinulingga, John Simon (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Inquiry Trainning Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi HOTS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
8216182039_Cover.pdf
Download (62kB)
8216182039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (447kB)
8216182039_Abstrak.pdf
Download (63kB)
8216182039_Daftar_Isi.pdf
Download (316kB)
8216182039_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
8216182039_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
8216182039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
8216182039_BAB_I.pdf
Download (332kB)
8216182039_BAB_V.pdf
Download (116kB)
8216182039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (254kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kevalidan, Kepraktisan dan Keefektivan -Modul Berbasis Inquiry Trainning Pada Mata Pelajaran IPA yang dikembangkan. 2) Terdapat peningkatan kemampuan Literasi HOTS Siswa
Kelas IV Sekolah Dasar khususnya pada mata pelajaran IPA materi Gaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) Modul yang dikembangkan telah dikategorigan Valid, Praktis dan Efektif. 2) Berdasakan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa
pada uji kelompok kecil terjadi peningkatan kemampuan Literasi HOTS dengan skor N-Gain 0,6 dikategorikan sedang, dan pada uji kelompok besar terjadi peningkatan kemampuan Literasi HOTS dengan skor N-Gain 0,7 dikategorikan sedang. Sehingga disimpulkan bahwa E-Modul berbasis inquiry training yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan Literasi HOTS siswa. Dengan demikian, pengembangan e-modul berbasis inquiry training pada mata pelajaran IPA khususnya materi gaya yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi HOTS siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sin p |
Keywords: | Pengembangan E-Modul, Literasi HOTS, Inquiry Trainning, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57941 |