Pengembangan E-Modul Berbasis Inquiry Trainning Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi HOTS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sinulingga, John Simon (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Inquiry Trainning Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi HOTS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182039_Cover.pdf] Text
8216182039_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8216182039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 8216182039_Abstrak.pdf] Text
8216182039_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8216182039_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182039_Daftar_Isi.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8216182039_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182039_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8216182039_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182039_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216182039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8216182039_BAB_I.pdf] Text
8216182039_BAB_I.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 8216182039_BAB_V.pdf] Text
8216182039_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 8216182039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kevalidan, Kepraktisan dan Keefektivan -Modul Berbasis Inquiry Trainning Pada Mata Pelajaran IPA yang dikembangkan. 2) Terdapat peningkatan kemampuan Literasi HOTS Siswa
Kelas IV Sekolah Dasar khususnya pada mata pelajaran IPA materi Gaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) Modul yang dikembangkan telah dikategorigan Valid, Praktis dan Efektif. 2) Berdasakan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa
pada uji kelompok kecil terjadi peningkatan kemampuan Literasi HOTS dengan skor N-Gain 0,6 dikategorikan sedang, dan pada uji kelompok besar terjadi peningkatan kemampuan Literasi HOTS dengan skor N-Gain 0,7 dikategorikan sedang. Sehingga disimpulkan bahwa E-Modul berbasis inquiry training yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan Literasi HOTS siswa. Dengan demikian, pengembangan e-modul berbasis inquiry training pada mata pelajaran IPA khususnya materi gaya yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi HOTS siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sin p
Keywords: Pengembangan E-Modul, Literasi HOTS, Inquiry Trainning, Model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 02:01
Last Modified: 28 May 2024 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57941

Actions (login required)

View Item
View Item