Sinaga, Monalisa (2022) Hubungan Kebiasaan Sarapan Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 091258 Bangun Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 5173540015 COVER.pdf
Download (116kB)
2. NIM 5173540015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (250kB)
3. NIM 5173540015 ABSTRACT.pdf
Download (269kB)
4. NIM 5173540015 PREFACE.pdf
Download (216kB)
5. NIM 5173540015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (137kB)
6. NIM 5173540015 TABLES.pdf
Download (136kB)
7, NIM 5173540015 AAPENDICES.pdf
Download (111kB)
8. NIM 5173540015 CHAPTER I.pdf
Download (391kB)
12. NIM 5173540015 CHAPTER V.pdf
Download (165kB)
13. NIM 5173540015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (330kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Karakteristik responden yaitu
umur, jenis kelamin, pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, pendapatan
orangtua dan besar keluarga; (2) Kebiasaan sarapan siswa; (3) Status Gizi siswa;
(4) Prestasi belajar siswa; (5) Hubungan kebiasaan sarapan siswa dengan prestasi
belajar; (6) Hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa; (7) Hubungan
kebiasaan sarapan dan status gizi dengan prestasi belajar siswa. Tempat dan waktu
penelitian dilaksanakan di SD Negeri 091258 Bangun, Kecamatan Gunung
Malela, Kabupaten Simalungun dengan populasi sebanyak 60 siswa. Teknik
pengambilam sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sehingga
diperoleh jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Desain penelitian menggunakan
cross sectional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif, uji korelasi rank spearman dan uji
regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini Kebiasaan sarapan siswa termasuk
kategori buruk sebesar 83,79 persen. Status gizi siswa termasuk kategori kurus
sebesar 48,65 persen. Prestasi belajar siswa termasuk kategori kurang sebesar
86,49 persen. Hasil analisis uji korelasi Rank Spearman terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar siswa
dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0,530 dan p-value sebesar 0,000 pada taraf
signifikan 0,05 artinya semakin baik kebiasaan sarapan siswa maka akan semakin
sangat baik prestasi belajar siswa. Hasil analisis uji korelasi Rank Spearman
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status gizi dengan prestasi
belajar siswa dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0,625 dan p-value sebesar
0,000 pada taraf signifikan 0,05 artinya semakin baik status gizi siswa maka akan
semakin sangat baik prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis uji regresi
linier berganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan
sarapan, status gizi dengan prestasi belajar siswa (Y = 62,003+0,236x1+0,955x2),
artinya semakin baik kebiasaan sarapan dan semakin baik status gizi maka akan
semakin sangat baik prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan sarapan; Status gizi; Prestasi belajar |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health |
Divisions: | Fakultas Teknik > Gizi |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:12 |
Last Modified: | 27 May 2024 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57928 |