Hafidza, Hikmah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 8 Kebayakan. Masters thesis, UNIMED.
8216121006_Cover.pdf
Download (259kB)
8216121006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8216121006_Abstrak.pdf
Download (380kB)
8216121006_Kata_Pengantar.pdf
Download (572kB)
8216121006_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
8216121006_Daftar_Tabel.pdf
Download (360kB)
8216121006_Daftar_Gambar.pdf
Download (354kB)
8216121006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (237kB)
8216121006_BAB_I.pdf
Download (525kB)
8216121006_BAB_V.pdf
Download (404kB)
8216121006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (603kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran (2) mengetahui kepraktisan media yang dikembangkan dan (3) untuk mengetahui kefektifan media pembelajaran game berbasis contextual teaching and learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan DDD-E yaitu decide, design, develove dan evaluate. Media game yang dikembangkan terdiri dari materi, game match up dan kuis. penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SD N 8 Kebayakan. Desain penelitian ini menggunakan desain post-test only control design, dengan sampel sebanyak 38 orang peserta didik terdiri dari 19 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran game berbasis contextual teaching and learning dan 19 orang peserta didik sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan media yang tidak interaktif. Pada uji kelayakan mendapatkan hasil 4,42 yang berarti “Sangat Layak” dan uji kepraktisan memperoleh hasil 4,57 yang berarti “sangat praktis”. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran game berbasis contextual teaching and learning dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media tidak interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan data yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai (sig) < 0,05 maka Ho ditolak dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game berbasis contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD N 8 Kebayakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Haf p |
Keywords: | media pembelajaran game, contextual teaching and learning, hasil belajar IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:19 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57907 |