Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan

Munawwarah. S., Hidayatul (2023) Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206182007_Cover.pdf] Text
8206182007_Cover.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8206182007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206182007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 8206182007_Abstrak.pdf] Text
8206182007_Abstrak.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8206182007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206182007_Kata_Pengantar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 8206182007_Daftar_Isi.pdf] Text
8206182007_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 8206182007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206182007_Daftar_Tabel.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8206182007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206182007_Daftar_Gambar.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 8206182007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206182007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 8206182007_BAB_I.pdf] Text
8206182007_BAB_I.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 8206182007_BAB_V.pdf] Text
8206182007_BAB_V.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 8206182007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206182007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pop up book yang dapat melatih kemampuan bercerita anak. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4D yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan yang berjumlah 12 orang anak.Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan media pop up book yang valid digunakan dalam meningkatkan kemampuan bercerita. (2) Menghasilkan media pop up book yang efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis para ahli yang terdiri dari ahli materi dengan nilai persentase 92% berarti sangat baik, ahli media dengan nilai persentase 96% berarti sangat baik, dan ahli seni dan layout dengan nilai persentase 98%
berarti sangat baik. Nilai rata-rata kemampuan bercerita yang diperoleh anak pada tahap observasi awal dan observasi akhir mengalami peningkatan tinggi yakni ratarata persentase awal 51% menjadi 83%, anak yang dikategorikan memiliki kemampuan bercerita sebanyak 12 orang anak (100%) dengan rincian 2 orang anak atau 17% termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan, dan 10 orang anak atau 83% termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil pemerolehan penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa media pop up book dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.6 Mun p
Keywords: Pengembangan, Media Pop Up Book, Kemampuan Bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6700 Comic books, strips, etc.
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 08:08
Last Modified: 27 May 2024 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57904

Actions (login required)

View Item
View Item