Gultom, Febriadi (2022) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 5153121007 COVER.pdf
Download (140kB)
2.NIM 5153121007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (195kB)
3. NIM 5153121007 ABSTRACT.pdf
Download (271kB)
4.NIM 5153121007 PREFACE.pdf
Download (210kB)
5.NIM 5153121007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (143kB)
6.NIM 5153121007 TABLES.pdf
Download (113kB)
7.NIM 5153121007 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM 5153121007 APPENDICES.pdf
Download (206kB)
9.NIM 5153121007 CHAPTER I.pdf
Download (389kB)
13.NIM 5153121007 CHAPTER V.pdf
Download (235kB)
14.NIM 5153121007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (299kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hubungan antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, menggunakan instrumen angket model Likert dan tes hasil belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Kerjcie Morgan (Isaac dan Michael) dengan tingkat kesalahan = 5%. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi Product Moment, Korelasi Parsial, dan Korelasi Ganda dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat hubungan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dengan persamaan regresi Yˆ = 44,689 + 0,381 X1, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,407; (2) terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pengelasan kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dengan persamaan regresi Yˆ = 40,760 + 0,429 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,421; (3) terdapat hubungan signifikan antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri1 Lubuk Pakam. Dengan persamaan regresi Yˆ = 33,161 + 0,238 X1 + 0,289 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar (R = 0,427). Hasil analisis regresi tersebut adalah sebagai berikut : Fh = 7,458 harga Ft = 3,175 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (7,458 > 3,175). Dengan demikian variabel motivasi berprestasi, kecerdasan emosional, dan hasil belajar mata pelajaran pengelasan memiliki hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Berprestasi; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Pengelasan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 06:53 |
Last Modified: | 27 May 2024 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57883 |