Muthmainnah, Fitri Nurul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Silaut. Masters thesis, UNIMED.
8216121007_Cover.pdf
Download (60kB)
8216121007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (228kB)
8216121007_Abstrak.pdf
Download (99kB)
8216121007_Kata_Pengantar.pdf
Download (652kB)
8216121007_Daftar_Isi.pdf
Download (213kB)
8216121007_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
8216121007_Daftar_Gambar.pdf
Download (95kB)
8216121007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (94kB)
8216121007_BAB_I.pdf
Download (376kB)
8216121007_BAB_V.pdf
Download (121kB)
8216121007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (280kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-LKPD Informatika berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik yang layak, efektif, dan mudah digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut: (1) Tahapan define untuk melakukan studi pendahahuluan, (2) Tahapan Design untuk merancang media pembelajaran, (3) Tahapan Develop untuk uji kelayakan oleh ahli dan calon pengguna, dan (4) Tahapan Disseminate untuk uji efektifitas penggunaan E-LKPD Informatika berbasis PBL dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan: (1) Uji validasi ahli materi bahwa materi dalam media yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor rata-rata 84%. (2) Uji validasi Ahli Desain Instruksional masuk dalam kriteria sangat layak dengan perolehan skor rata-rata 87%. (3) Uji validasi Ahli Media masuk dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor rata-rata 83%. (4) Uji coba perorangan masuk dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 90%. (5)Uji coba kelompok kecil masuk dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 87%. Dan, (6) Uji coba lapangan masuk dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 89%. Uji kepraktisan oleh guru mendapatkan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 88%, sedangkan hasil uji kepraktisan pada siswa mendapatkan skor ratarata 90% yang masuk pada kategori sangat baik. Hasil percobaan penggunaan ELKPD Informatika berbasis Problem Based Learning pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 86, sedangkan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan E-LKPD Informatika berbasis Problem Based Learning mendapatkan nilai rata-rata 70. Pengujian hipotesis menggunakan Independent ttest mendapatkan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana hasil tersebut < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan E-LKPD Informatika berbasis Problem Based Learning dengan kelas yang dibelajarkan tanpa menggunakan E-LKPD Informatika berbasis Problem Based Learning. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD Informatika berbasis Problem Based Learning dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | 371.33 Mut p |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 06:00 |
Last Modified: | 27 May 2024 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57873 |