Sibarani, Grace Sintya (2023) Peran Guru Dalam Mencapai Kontinum Maksimal Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3191111015_Cover.pdf
Download (38kB)
3191111015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (547kB)
3191111015_Abstrak.pdf
Download (330kB)
3191111015_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
3191111015_Daftar_Isi.pdf
Download (329kB)
3191111015_Daftar_Gambar.pdf
Download (201kB)
3191111015_Daftar_Tabel.pdf
Download (202kB)
3191111015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (126kB)
3191111015_BAB_I.pdf
Download (506kB)
3191111015_BAB_V.pdf
Download (153kB)
3191111015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (370kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana peran guru dalam mencapai kontinum maksimal pembelajaran PPKn. Permasalahan yang ingin diteliti pada penelitian ini adalah peran seorang guru dalam memaksimalkan pembelajaran PPKn di SMA N 1 Percut Sei Tuan. Hal ini berkaitan dengan penelitian yang disampaikan oleh David Kerr pada tahun 1999 bahwa di negara-negara Asia Tenggara “citizenship education” lebih mencerminkan pembelajaran kontinum “minimal” sebagai education about citizenship. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran atau mix method dengan jenis penelitian mix method yang digunakan adalah The Exploratory Sequential Desaign, yaitu pengumpulan data yang diawali dengan pengumpulan data kualitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam perencanaan terkait peran guru dalam mencapai kontinum maksimal sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan pedoman kurikulum serta peraturan sekolah yang sudah disepakati, lalu pelaksanaan peran guru dalam mencapai kontinum maksimal di sekolah tersebut sudah sesuai dengan apa yang diatur oleh kurikulum dan sebagaimana peran guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai fasilitator, informatory, motivator dan lain sebagainya. Lalu hasil yang terakhir yaitu mengenai peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran dalam mencapai kontinum maksimal sudah berjalan baik, terbukti dengan adanya daftar nilai sebagai bentuk evaluasi dalam peran guru mencapai kontinum maksimal dan hal tersebut sesuai dengan aturan negara menurut UU No. 14 Tahun 2005 yaitu peran guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru; Pembelajaran PPKn; Kontinum Maksimal dan Minimal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:12 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57871 |