Peran Guru Dalam Mencapai Kontinum Maksimal Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA N 1 Percut Sei Tuan

Sibarani, Grace Sintya (2023) Peran Guru Dalam Mencapai Kontinum Maksimal Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191111015_Cover.pdf] Text
3191111015_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 3191111015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191111015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 3191111015_Abstrak.pdf] Text
3191111015_Abstrak.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 3191111015_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191111015_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 3191111015_Daftar_Isi.pdf] Text
3191111015_Daftar_Isi.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 3191111015_Daftar_Gambar.pdf] Text
3191111015_Daftar_Gambar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3191111015_Daftar_Tabel.pdf] Text
3191111015_Daftar_Tabel.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 3191111015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191111015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 3191111015_BAB_I.pdf] Text
3191111015_BAB_I.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 3191111015_BAB_V.pdf] Text
3191111015_BAB_V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 3191111015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191111015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana peran guru dalam mencapai kontinum maksimal pembelajaran PPKn. Permasalahan yang ingin diteliti pada penelitian ini adalah peran seorang guru dalam memaksimalkan pembelajaran PPKn di SMA N 1 Percut Sei Tuan. Hal ini berkaitan dengan penelitian yang disampaikan oleh David Kerr pada tahun 1999 bahwa di negara-negara Asia Tenggara “citizenship education” lebih mencerminkan pembelajaran kontinum “minimal” sebagai education about citizenship. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran atau mix method dengan jenis penelitian mix method yang digunakan adalah The Exploratory Sequential Desaign, yaitu pengumpulan data yang diawali dengan pengumpulan data kualitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam perencanaan terkait peran guru dalam mencapai kontinum maksimal sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan pedoman kurikulum serta peraturan sekolah yang sudah disepakati, lalu pelaksanaan peran guru dalam mencapai kontinum maksimal di sekolah tersebut sudah sesuai dengan apa yang diatur oleh kurikulum dan sebagaimana peran guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai fasilitator, informatory, motivator dan lain sebagainya. Lalu hasil yang terakhir yaitu mengenai peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran dalam mencapai kontinum maksimal sudah berjalan baik, terbukti dengan adanya daftar nilai sebagai bentuk evaluasi dalam peran guru mencapai kontinum maksimal dan hal tersebut sesuai dengan aturan negara menurut UU No. 14 Tahun 2005 yaitu peran guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru; Pembelajaran PPKn; Kontinum Maksimal dan Minimal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:12
Last Modified: 03 Jun 2024 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57871

Actions (login required)

View Item
View Item