Sumbayak, Ferlyn Anggarani (2023) Pengembangan Model Pembelajaran INOLYN Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan SPA Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8206122003_Cover.pdf
Download (2MB)
8206122003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (309kB)
8206122003_Abstrak.pdf
Download (576kB)
8206122003_Kata_Pengantar.pdf
Download (391kB)
8206122003_Daftar_Isi.pdf
Download (600kB)
8206122003_Daftar_Tabel.pdf
Download (576kB)
8206122003_Daftar_Gambar.pdf
Download (576kB)
8206122003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (551kB)
8206122003_BAB_I.pdf
Download (3MB)
8206122003_BAB_V.pdf
Download (3MB)
8206122003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan Model Pembelajaran INOLYN Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan SPA Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian Research and Development (R&D) . Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran dasar-dasar kecantikan dan SPA yang menggunakan model pembelajaran INOLYN berbasis blended learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Memiliki tahapan uji validasi oleh ahli materi, media dan desain instruksional, uji coba lapangan awal, utama dan operasional. Dilakukan juga uji kepraktisan dan uji keefektifan pada model pembelajaran INOLYN yang digunakan.
Hasil penelitian pengembangan model pembelajaran menujukkan bahwa hasil penilaian dari ahli materi 4,24 dengan kriteria “sangat baik”, ahli media 4,41 dengan kriteria “sangat baik” dan ahli desain instruksional 4,69 dengan kriteria “sangat baik”. Uji coba lapangan awal 3,92 dengan kriteria “baik”, uji coba lapangan utama 4,32 dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba lapangan operasional 4,78 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji kepraktisan pada lapangan awal 3,40 dengan kriteria “baik”, uji coba lapangan utama 3,68 dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba lapangan operasional 3,82 dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya uji keefektifan membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran INOLYN berbasis blended learning dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hal ini ditunjukan dengan hasil pengolahan data thitung = 2,04 > ttabel = 1,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran INOLYN Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan dan SPA efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sum p |
Keywords: | Pengembangan Model Pembelajaran, Hasil Belajar Dasar-Dasar Kecantikan dan SPA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 05:44 |
Last Modified: | 27 May 2024 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57868 |