Ginting, Febi Febrika (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA Semester 2 Di SMA Negeri 1 Tigalingga. Masters thesis, UNIMED.
8216174004_Cover.pdf
Download (65kB)
8216174004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (857kB)
8216174004_Abstrak.pdf
Download (242kB)
8216174004_Kata_Pengantar.pdf
Download (257kB)
8216174004_Daftar_Isi.pdf
Download (247kB)
8216174004_Daftar_Tabel.pdf
Download (218kB)
8216174004_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
8216174004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
8216174004_BAB_I.pdf
Download (488kB)
8216174004_BAB_VI.pdf
Download (170kB)
8216174004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (247kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar dan literasi sains biologi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg & Gall. Uji efektivitas dari LKPD berbasis inkuiri menggunakan penelitian pre-eksperimen yaitu dengan one group pretest and posttest design. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Tigalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket, dan soal tes. Instrumen yang digunakan yakni lembar wawancara, lembar angket validasi, lembar angket tanggapan guru, lembar angket tanggapan peserta didik dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif serta uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik, dengan penilaian dari hasil validasi ahli materi sebesar 88,70%, ahli desain pembelajaran sebesar 92,17%, tanggapan guru biologi 90%, uji coba perorangan sebesar 85%, uji coba kelompok kecil 86,22%, dan uji coba kelompok besar 89%. LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar diperoleh dari skor N-Gain 0,61 dengan kriteria peningkatan sedang dan efektif meningkatkan literasi sains diperoleh dari skor N-Gain 0,57 dengan kriteria peningkatan sedang, sedangkan uji t dengan nilai sig.0,000<0,05 yang berarti penggunaan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi sains secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sudah layak dan dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi sains peserta didik siswa kelas X MIA Semester 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.71 Gin p |
Keywords: | Pengembangan LKPD, Inkuiri Terbimbing, Biologi, Hasil Belajar, Literasi Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 05:33 |
Last Modified: | 27 May 2024 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57866 |