Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Kimia Model Problem Based Learning Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Belajar Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA

Marbun, Eva Theresia Patrisia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Kimia Model Problem Based Learning Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Belajar Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216142008_Cover.pdf] Text
8216142008_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 8216142008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216142008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 8216142008_Abstrak.pdf] Text
8216142008_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8216142008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216142008_Kata_Pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 8216142008_Daftar_Isi.pdf] Text
8216142008_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8216142008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216142008_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8216142008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216142008_Daftar_Gambar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8216142008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216142008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 8216142008_BAB_I.pdf] Text
8216142008_BAB_I.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 8216142008_BAB_V.pdf] Text
8216142008_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8216142008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216142008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data analisis kebutuhan bahan ajar berupa E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan sesuai standar BSNP, mengetahui kelayakan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning, mengetahui hasil belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap penggunaan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Medan menggunakan metode R & D dengan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas X dengan sampel penelitian adalah kelas X IPA 7. Instrument penelitian terdiri dari angket kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, instrument tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda, angket motivasi belajar peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning. Uji hipotesis dilakukan dengan uji one sample t-test dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian diperoleh rata-rata kelayakan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan oleh ahli materi yaitu dosen kimia 3,80 dan guru kimia 3,91 dengan kategori valid tanpa perlu direvisi dan oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 4,88 dengan kategori valid tanpa perlu direvisi. Hasil belajar kimia peserta didik lebih tinggi dari KKM menggunakan uji one sample t-test dimana diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan thitung (10.289) > ttabel (1,690) pada proses pembelajaran menggunakan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning. Motivasi belajar peserta didik mendapat nilai rata-rata angket motivasi sebesar 88,57% dengan kategori sangat termotivasi. Peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan sebesar 90% maka E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar kimia di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Mar p
Keywords: LKPD Elektronik (E-LKPD), Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 05:22
Last Modified: 27 May 2024 05:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57861

Actions (login required)

View Item
View Item