Marbun, Eva Theresia Patrisia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Kimia Model Problem Based Learning Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Belajar Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, UNIMED.
8216142008_Cover.pdf
Download (58kB)
8216142008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (366kB)
8216142008_Abstrak.pdf
Download (126kB)
8216142008_Kata_Pengantar.pdf
Download (339kB)
8216142008_Daftar_Isi.pdf
Download (168kB)
8216142008_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
8216142008_Daftar_Gambar.pdf
Download (220kB)
8216142008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (125kB)
8216142008_BAB_I.pdf
Download (372kB)
8216142008_BAB_V.pdf
Download (64kB)
8216142008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (446kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data analisis kebutuhan bahan ajar berupa E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan sesuai standar BSNP, mengetahui kelayakan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning, mengetahui hasil belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap penggunaan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Medan menggunakan metode R & D dengan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas X dengan sampel penelitian adalah kelas X IPA 7. Instrument penelitian terdiri dari angket kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, instrument tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda, angket motivasi belajar peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning. Uji hipotesis dilakukan dengan uji one sample t-test dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian diperoleh rata-rata kelayakan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan oleh ahli materi yaitu dosen kimia 3,80 dan guru kimia 3,91 dengan kategori valid tanpa perlu direvisi dan oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 4,88 dengan kategori valid tanpa perlu direvisi. Hasil belajar kimia peserta didik lebih tinggi dari KKM menggunakan uji one sample t-test dimana diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan thitung (10.289) > ttabel (1,690) pada proses pembelajaran menggunakan E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning. Motivasi belajar peserta didik mendapat nilai rata-rata angket motivasi sebesar 88,57% dengan kategori sangat termotivasi. Peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan sebesar 90% maka E-LKPD Kimia Model Problem Based Learning yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar kimia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Mar p |
Keywords: | LKPD Elektronik (E-LKPD), Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 05:22 |
Last Modified: | 27 May 2024 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57861 |