Gulo, Mercy Yusniar (2023) Implementasi Model Pembelajaran PJBL Pada Materi Ansambel Doli-Doli Di SMA Negeri 1 Ulu Moro'o Kabupaten Nias Barat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193142015 COVER.pdf
Download (56kB)
2. NIM.2193142015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2193142015 ABSTRACT.pdf
Download (436kB)
4. NIM.2193142015 PREFACE.pdf
Download (337kB)
5. NIM.2193142015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (64kB)
6. NIM.2193142015 LIST OF FIGURE.pdf
Download (34kB)
7. NIM.2193142015 LIST OF TABLE.pdf
Download (34kB)
8. NIM.2193142015 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (32kB)
9. NIM.2193142015 CHAPTER I.pdf
Download (700kB)
13. NIM.2193142015 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM.2193142015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (293kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi model pembelajaran PjBL pada materi ansambel doli-doli di SMA Negeri 1 Ulu Moro’ ö Kabupaten Nias Barat, untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model
pembelajaran PjBL pada materi ansambel doli-doli di SMA Negeri 1 Ulu Moro'ö Kabupaten Nias Barat, untuk mengetahui hambatan selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL pada materi ansambel doli-doli di SMA
Negeri 1 Ulu Moro'ö Kabupaten Nias Barat. Teori yang digunakan adalah teori implementasi, pembelajaran, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), hasil belajar, hambatan belajar, ansambel, musik doli-doli. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi model pembelajaran PjBL yang di lakukan di SMA Negeri 1 Ulu Moro'ö Kabupaten Nias Barat adalah implementasi model pembelajaran PjBLG
secara langsung didalam kelas dengan 3 kali pertemuan melalui 3 tahapan (Pendahuluan, Kegiatan Inti, Penutup) (2) Hasil belajar yang di peroleh oleh setiap kelompok dengan kriteria penilaian yang di lakukan oleh guru pada permainan ansambel musik doli doli yaitu kekompakkan, kerja sama,
kedisiplinan, keterampilan memainkan musik ansambel dan harmonisasi. jumlah hasil yang di peroleh oleh setiap kelompok yaitu : kelompok 1 = baik, kelompok 2 = sangat baik, kelompok 3 = sangat baik, kelompok 4 = sangat baik. (3) Hambatan belajar pada faktor eksternal dan faktor internal. Hambatan pada faktor eksternal yaitu terdapat pada alat musik ansambel doli-doli. Ke 6 alat musik ansambel dolidoli terdapat satu alat musik yang kurang bagus yaitu alat musik doli-doli, namun demikian siswa mampu mengkreatifkannya sehingga alat musik tersebut menjadi
bagus, pada faktor internalnya yaitu siswa kurang memahami penjelasan guru dan kurang kerja sama dan kurang kekompakkan antar kelompok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran, PjBL, Ansambel Doli-doli |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:16 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57831 |