Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD 106809 Kolam. Skripsi

Sinaga, Alex Candra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD 106809 Kolam. Skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1183111071_Cover.pdf] Text
1183111071_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1183111071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183111071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1183111071_Abstrak.pdf] Text
1183111071_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1183111071_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183111071_Kata_Pengantar.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 1183111071_Daftar_Isi.pdf] Text
1183111071_Daftar_Isi.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1183111071_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183111071_Daftar_Gambar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1183111071_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183111071_Daftar_Tabel.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1183111071_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183111071_Daftar_Lampiran.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1183111071_BAB_I.pdf] Text
1183111071_BAB_I.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 1183111071_BAB_V.pdf] Text
1183111071_BAB_V.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1183111071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183111071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dalam hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas IV tema 2 subtema1 pembelajaran 1 di SDN 106809 Kolam. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ekperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Adapun bentuk penelitian
eksperimen ini berupa Pre-Experiment dengan menggunakan satu kelas eksperimen untuk melihat ketuntasan belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One-Group Pretest-Posttest. Dalam penelitian awal (Pretest) 23,07% siswa atau orang yang tuntas, sedangkan yang tidak tuntas ada sebanyak 76,93%. Setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Posttest) maka terjadi peningkatan sebanyak 96,15% siswa yang tuntas,
sedangkan yang tidak tuntas hanya sebanyak 3,85% siswa. Dari keterangan diatas juga memaparkan bahwa presentase siswa yang tidak tuntas sangat menurun. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan sebesar 73.08% terhadap ketuntasan
nilai siswa. Merujuk pada KKM yang ditetapkan pada SD Negeri 106809 Kolam, peserta didik dikatakan tuntas jika nilai individunya melebihi 64. Setelah melalui proses eksperimen, siswa-siswa telah mengalami perkembangan yang luar biasa.
Pada awalnya, mereka melewati tahap pre-test dengan rata-rata skor sebesar 51,08. Namun, setelah menjalani post-test, nilai rata-rata mereka melonjak menjadi 73,54. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat positif dalam pemahaman
dan penguasaan materi siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran yang digunakan, mungkin dalam hal ini menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw, sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui kolaborasi dan
kerja sama antara siswa, mereka berhasil mencapai hasil yang luar biasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh; Model; Jigsaw; Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 27 May 2024 04:11
Last Modified: 27 May 2024 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57829

Actions (login required)

View Item
View Item