Tarigan, Desi Esterina (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK). Masters thesis, UNIMED.
8216176003_Cover.pdf
Download (2MB)
8216176003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8216176003_Abstrak.pdf
Download (2MB)
8216176003_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
8216176003_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
8216176003_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
8216176003_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
8216176003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (2MB)
8216176003_BAB_I.pdf
Download (2MB)
8216176003_BAB_V.pdf
Download (2MB)
8216176003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hasil kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan pengaruh pengembangan modul berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Pengembangan modul menggunakan model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lembar validasi yang diisi oleh validator dapat digunakan untuk menilai tingkat kevalidan modul yang dikembangkan, lembar respon guru dan lembar respon siswa digunakan untuk menilai kepraktisan modul fisika yang dikembangkan, sedangkan tes hasil belajar siswa digunakan untuk menilai keefektifan modul. Hasil penelitian pengembangan modul fisika berbasis TPACK menunjukkan bahwa, pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi dan ahli media, mendapat persentase 83,88% dan 74,53% dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan pada lembar respon guru menghasilkan persentase 88% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan pada lembar respon siswa menghasilkan persentase 86,61% dengan kategori sangat praktis. Persentase tes hasil belajar siswa diperoleh sebesar 88,46% dan telah memenuhi kriteria efektif pada pencapaian ketuntasan secara klasikal. Hasil pengujian menyimpulkan modul berbasis TPACK telah teruji kevalidaan, kepraktisan, efektif dan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa sebagai sumber belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Tar p |
Keywords: | Modul, TPACK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:24 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57813 |