PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)

Tarigan, Desi Esterina (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216176003_Cover.pdf] Text
8216176003_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216176003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Abstrak.pdf] Text
8216176003_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216176003_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Daftar_Isi.pdf] Text
8216176003_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216176003_Daftar_Tabel.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216176003_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216176003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_BAB_I.pdf] Text
8216176003_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_BAB_V.pdf] Text
8216176003_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216176003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216176003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hasil kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan pengaruh pengembangan modul berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Pengembangan modul menggunakan model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lembar validasi yang diisi oleh validator dapat digunakan untuk menilai tingkat kevalidan modul yang dikembangkan, lembar respon guru dan lembar respon siswa digunakan untuk menilai kepraktisan modul fisika yang dikembangkan, sedangkan tes hasil belajar siswa digunakan untuk menilai keefektifan modul. Hasil penelitian pengembangan modul fisika berbasis TPACK menunjukkan bahwa, pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi dan ahli media, mendapat persentase 83,88% dan 74,53% dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan pada lembar respon guru menghasilkan persentase 88% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan pada lembar respon siswa menghasilkan persentase 86,61% dengan kategori sangat praktis. Persentase tes hasil belajar siswa diperoleh sebesar 88,46% dan telah memenuhi kriteria efektif pada pencapaian ketuntasan secara klasikal. Hasil pengujian menyimpulkan modul berbasis TPACK telah teruji kevalidaan, kepraktisan, efektif dan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa sebagai sumber belajar fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Tar p
Keywords: Modul, TPACK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 03:24
Last Modified: 27 May 2024 03:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57813

Actions (login required)

View Item
View Item