Pengembangan Buku Panduan Bermain Sosial Berbasis Permainan Tradisional sebagai Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia 4-6 Tahun

Restuina, Corry (2023) Pengembangan Buku Panduan Bermain Sosial Berbasis Permainan Tradisional sebagai Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182029_Cover.pdf] Text
8216182029_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 8216182029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 8216182029_Abstrak.pdf] Text
8216182029_Abstrak.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8216182029_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182029_Kata_Pengantar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 8216182029_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182029_Daftar_Isi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8216182029_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182029_Daftar_Tabel.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 8216182029_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182029_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8216182029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 8216182029_BAB_I.pdf] Text
8216182029_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 8216182029_BAB_V.pdf] Text
8216182029_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 8216182029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan keefektifan produk berupa buku panduan permainan tradisional sebagai strategi Pendidikan karakter anak usia 4-6 tahun. Terdapat 8 karakter yang diamati dalam penelitian ini, yaitu jujur, toleransi, disiplin, bersahabat/komunikasi, tanggung jawab, kerja keras, menghargai prestasi dan rasa ingin tahu. Penelitian ini dilakukan kepada 14 siswa TK yang berusia 4-6 tahun dengan 8 orang siswa perempuan dan 6 orang siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan tipe ADDIE. Tipe ADDIE berisi lima fase tahapan sebagai berikut: (1) Analyze (analisis): kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang terkait dengan keterampilan siswa, kompetensi yang dimiliki, serta lingkungan belajarnya; (2) Design (desain): suatu proses untuk membuat rancangan produk; (3) Develop (pengembangan): mengembangkan produk yang sudah dirancang. Tahap ini membuat story board dan grafis produk yang akan disusun; (4) Implement (implementasi): pengimplementasian produk yang sudah dikembangkan; dan (5) Evaluate (evaluasi): hasil penilaian produk yang sudah dikembangkan selama pembelajaran, berhasil atau tidak sesuai dengan harapan awal.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Validitas buku panduan bermain sosial berbasis permainan tradisional sebagai strategi Pendidikan karakter anak usia 4-6 tahun yang diperoleh dari validator ahli adalah “Sangat baik”. Hasil uji validitas keterbacaan dan kelengkapan menunjukkan skor 3,50, termasuk kategori “Sangat baik”. Hasil uji untuk desain dan skor 3,81 yang termasuk kategori “Sangat baik”. Hasil uji validitas isi menunjukkan skor 3,58 yang termasuk kategori “Sangat baik”. Rerata total hasil validasi melalui expert judgement oleh 3 validator menunjukkan kualitas “Sangat baik” dengan rekomendasi “Tidak perlu revisi”. 2) Penerapan buku panduan permainan tradisional berbasis bermain sosial sebagai strategi Pendidikan karakter anak usia 4-6 tahun dikatakan efektif. Permainan Nipe Gedang menunjukkan peningkatan pada karakter rasa ingin tahu, permainan Benteng menunjukkan peningkatan pada karakter kerja keras, bersahabat/komunikasi dan tanggung jawab serta permainan Pecah Piring menunjukkan peningkatan pada karakter disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Res p
Keywords: Permainan Tradisional, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 03:08
Last Modified: 27 May 2024 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57801

Actions (login required)

View Item
View Item