Restuina, Corry (2023) Pengembangan Buku Panduan Bermain Sosial Berbasis Permainan Tradisional sebagai Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Masters thesis, UNIMED.
8216182029_Cover.pdf
Download (119kB)
8216182029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
8216182029_Abstrak.pdf
Download (202kB)
8216182029_Kata_Pengantar.pdf
Download (184kB)
8216182029_Daftar_Isi.pdf
Download (109kB)
8216182029_Daftar_Tabel.pdf
Download (40kB)
8216182029_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
8216182029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
8216182029_BAB_I.pdf
Download (431kB)
8216182029_BAB_V.pdf
Download (154kB)
8216182029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (362kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan keefektifan produk berupa buku panduan permainan tradisional sebagai strategi Pendidikan karakter anak usia 4-6 tahun. Terdapat 8 karakter yang diamati dalam penelitian ini, yaitu jujur, toleransi, disiplin, bersahabat/komunikasi, tanggung jawab, kerja keras, menghargai prestasi dan rasa ingin tahu. Penelitian ini dilakukan kepada 14 siswa TK yang berusia 4-6 tahun dengan 8 orang siswa perempuan dan 6 orang siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan tipe ADDIE. Tipe ADDIE berisi lima fase tahapan sebagai berikut: (1) Analyze (analisis): kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang terkait dengan keterampilan siswa, kompetensi yang dimiliki, serta lingkungan belajarnya; (2) Design (desain): suatu proses untuk membuat rancangan produk; (3) Develop (pengembangan): mengembangkan produk yang sudah dirancang. Tahap ini membuat story board dan grafis produk yang akan disusun; (4) Implement (implementasi): pengimplementasian produk yang sudah dikembangkan; dan (5) Evaluate (evaluasi): hasil penilaian produk yang sudah dikembangkan selama pembelajaran, berhasil atau tidak sesuai dengan harapan awal.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Validitas buku panduan bermain sosial berbasis permainan tradisional sebagai strategi Pendidikan karakter anak usia 4-6 tahun yang diperoleh dari validator ahli adalah “Sangat baik”. Hasil uji validitas keterbacaan dan kelengkapan menunjukkan skor 3,50, termasuk kategori “Sangat baik”. Hasil uji untuk desain dan skor 3,81 yang termasuk kategori “Sangat baik”. Hasil uji validitas isi menunjukkan skor 3,58 yang termasuk kategori “Sangat baik”. Rerata total hasil validasi melalui expert judgement oleh 3 validator menunjukkan kualitas “Sangat baik” dengan rekomendasi “Tidak perlu revisi”. 2) Penerapan buku panduan permainan tradisional berbasis bermain sosial sebagai strategi Pendidikan karakter anak usia 4-6 tahun dikatakan efektif. Permainan Nipe Gedang menunjukkan peningkatan pada karakter rasa ingin tahu, permainan Benteng menunjukkan peningkatan pada karakter kerja keras, bersahabat/komunikasi dan tanggung jawab serta permainan Pecah Piring menunjukkan peningkatan pada karakter disiplin dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Res p |
Keywords: | Permainan Tradisional, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:08 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57801 |