Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Dinamika Atmosfer Kelas X Di SMA Negeri 4 Medan

Ganda, Ruth Ellyana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Dinamika Atmosfer Kelas X Di SMA Negeri 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3192431014_Cover.pdf] Text
3192431014_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3192431014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 3192431014_Abstrak.pdf] Text
3192431014_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Kata_Pengantar.pdf] Text
3192431014_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Daftar_Isi.pdf] Text
3192431014_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Daftar_Gambar.pdf] Text
3192431014_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Daftar_Tabel.pdf] Text
3192431014_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3192431014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_BAB_I.pdf] Text
3192431014_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_BAB_VI.pdf] Text
3192431014_BAB_VI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3192431014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3192431014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Pada Materi Dinamika Atmosfer dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon Di Kelas X SMA Negeri 4 Medan, (2) Kelayakan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Aplikasi Powtoon di Kelas X SMA Negeri 4 Medan dan (3) Tingkat Akseptansi (Penerimaan) Siswa Terhadap Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Aplikasi Powtoon di Kelas X SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development/R&D dengan menggunakan model pengembangan tipe ADDIE yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas X IPS 1 dengan jumlah 35 orang, dan objeknya adalah Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Aplikasi Powtoon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan media pembelajaran geografi pada materi dinamika atmosfer dirancang menggunakan aplikasi Powtoon dengan prosedur model pengembangan ADDIE menghasilkan delapan video pembelajaran yang terdiri dari 1) Dinamika Atmosfer dan Karakteristik Lapisan-Lapisan Atmosfer yang berdurasi 07 menit 35 detik; 2)Pengukuran Unsur dan Interpretasi Cuaca yang berdurasi 11 menit 32 detik; 3)Klasifikasi Iklim yang berdurasi 05 menit 18 detik; 4) Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan yang berdurasi 8 menit 43 detik; 5)Lembaga Penyedia Data Cuaca dan Iklim di Indonedia yang berdurasi 1 menit 25 detik; 6) Fenomena Cuaca Terkini yang berdurasi 09 menit 01 detik; 7)Rangkuman Materi Dinamika Atmosfer yang berdurasi 1 menit 51 detik; 8)Kuis Dinamika Atmosfer yang berdurasi 1 menit 16 detik. (2) Kelayakan video pembelajaran ini berdasarkan penilaian tim ahli materi memperoleh nilai rata-rata skor 4,61 dengan interpretasi skor kategori sangat layak. Penilaian tim ahli media memperoleh nilai rata-rata skor 4,60 dengan interpretasi skor kategori sangat layak. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka video pembelajaran menggunakan Powtoon ini dinyatakan layak. (3) Kelayakan video pembelajaran ini menunjukkan penerimaan yang sangat tinggi dengan hasil akseptasi (penerimaan) peserta didik memperoleh nilai rata-rata skor 4,33 dengan interpretasi skor kategori akseptansi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Aplikasi Powtoon; Dinamika Atmosfer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 05:05
Last Modified: 03 Jun 2024 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57785

Actions (login required)

View Item
View Item