Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Tema 7 Sub Tema 2 Di Kelas V SD Negeri 101610 Purbabangun T.A 2022/2023

Harahap, Ade Yulis (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Pada Tema 7 Sub Tema 2 Di Kelas V SD Negeri 101610 Purbabangun T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311012_Cover.pdf] Text
1193311012_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1193311012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1193311012_Abstrak.pdf] Text
1193311012_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1193311012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311012_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1193311012_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311012_Daftar_Isi.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1193311012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311012_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311012_Daftar_Tabel.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1193311012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311012_BAB_I.pdf] Text
1193311012_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 1193311012_BAB_V.pdf] Text
1193311012_BAB_V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1193311012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media dalam proses pembelajaran kurang terampil dan kreatif dan hanya menggunakan media seadanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi berbasis powtoon yang valid, praktis dan efektif dalam menunjang keberhasilan embelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan 4D (define, desain, development and dissemination). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 101610 Purbabangun dan objek penelitian ini adalah media video
animasi berbasis aplikasi powtoon. Hasil penelitian menunjukan validasi oleh ahli materi tahap I sebelum revisi memperoleh persentase 56,9% kategori “Cukup Layak” dengan revisi, kemudian pada tahap II memperoleh persentase 89,2%
dengan kategori “Sangat Layak” tanpa revisi dan hasil validasi desain memperoleh persentase 85,3% dengan kategori “Sangat Layak. Uji praktis oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 91,7% “Sangat Praktis”. Hasil uji
efektivitas media melalui pre-tes memperoleh rata-rata 40, 42% dengan kriteria
ketuntasan “Tidak Tuntas” sedangkan pada post-test memperoleh rata-rata 88,125
dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa produk yang
dikambangkan merupakan sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan
dalam pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Powtoon; Tema 7; subtema 2
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 27 May 2024 02:05
Last Modified: 27 May 2024 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57784

Actions (login required)

View Item
View Item