Sadina, Icha Dzulfahani (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Capaian Karakter Siswa (Studi Survei Crosssectional Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Kecamatan Binjai Timur). Undergraduate thesis, UNIMED.
3191111006_Cover.pdf
Download (43kB)
3191111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
3191111006_Abstrak.pdf
Download (36kB)
3191111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (185kB)
3191111006_Daftar_Isi.pdf
Download (178kB)
3191111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
3191111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
3191111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
3191111006_BAB_I.pdf
Download (309kB)
3191111006_BAB_V.pdf
Download (61kB)
3191111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (169kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Profil Pelajar Pancasila terhadap capaian karakter siswa (Studi Survei Crosssectional Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Kecamatan Binjai Timur). Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana karakter siswa setelah diterapkannya Program Kurikulum Merdeka yaitu Profil Pelajar Pancasila, dengan pengimplementasian ini Peneliti ingin melihat karakter yang dimiliki oleh siswa memiliki kecenderungan terhadap karakter privat atau publik. Lokasi penelitian ini terletak di SMP Swasta Santo Thomas 2 dan SMP Swasta Muhammadiyah 56. Penelitian ini adalah Penelitian Analisis Deskriftif menggunakan Metode Kuantitatif dengan desain penelitian yang potong lintang atau CrossSectional (Studi Survei CrossSectional). Teknik pengumpulan data berupa Angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Swasta Santo Thomas 2 dan SMP Swasta. Muhammadiyah 56. Yang berjumlah 104 Siswa terdiri atas 4 kelas serta yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus Produk Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi profil pelajar Pancasila dalam capaian karakter di sekolah SMP Kecamatan binjai timur pada sekolah SMP Swasta Muhammadiyah dan Santo Thomas kecenderungan karakter yang dimiliki oleh siswa ialah karakter publik 2) Upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengimplementasikan Profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan karakter peserta didik yaitu dengan menerapkan habituasi yang telah dilakukan dan membuat media serta materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif. 3)Faktor-faktor dalam meningkatkan karakter siswa dalam profil pelajar Pancasila dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profil Pelajar Pancasila; Karakter siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 08:25 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57783 |