Pardede, Yohanna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111144007 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 5111144007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 5111144007 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4. NIM. 5111144007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 5111144007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5111144007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 5111144007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 5111144007 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 5111144007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM. 5111144007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 5111144007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar dasar kecantikan kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar dasar kecantikan kulit yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan yang berjumlah 71 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh skor rata-rata 77,86 dengan standar deviasi 6,82 dengan tingkat kecenderungan nilai siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 69,4%. Sedangkan pada kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 60,91 dan standar deviasi 8,12 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori cukup sebanyak 74,3%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 9,529 dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,995. Maka nilai thitung > ttabel atau 9,529 > 1,995 berarti Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar Dasar Kecantikan Kulit yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai pada Bidang studi Dasar Kecantikan Kulit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 rias 019 |
Keywords: | Model Pembeljaran; kecantikan Kulit; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 01:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5775 |