TAMBUNAN, VERA NURKHADIJAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA OTKP KELAS XI MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144009_Cover.pdf
Download (182kB)
7193144009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (328kB)
7193144009_Kata_Pengantar.pdf
Download (321kB)
7193144009_Abstrak.pdf
Download (265kB)
7193144009_Daftar_Isi.pdf
Download (336kB)
7193144009_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
7193144009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (183kB)
7193144009_BAB_I.pdf
Download (564kB)
7193144009_BAB_V.pdf
Download (267kB)
7193144009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Youtube Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil belajar Siswa OTKP Kelas XI Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di SMK PAB 2 Helvetia.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 orang dengan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar Administrasi Kepegawaian berupa pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal dan 3 soal Uraian. Adapun hasil analisis data mengindikasikan nilai rata-rata pre-test kelas Eksperimen sebesar 32.80% dan nilai rata-rata post-test sebesar 86.00%. Sedangkan nilai rata-rata pre- test kelas kontrol sebesar 31.57% dan nilai rata-rata post-test sebesar 82.26%.Pengujian hipotesis untuk motivasi belajar dilakukan menggunakan Uji-t, diperoleh nilai signifikannya 0,000 dan 0,000 yang artinya < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar Administrasi Kepegawaian siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Pembelajaran Youtube pada siswa kelas XI OTKP Selanjutnya pengujian hipotesis untuk hasil belajar juga dilakukan menggunakan Uji Independent Sample T- Test, diperoleh nilai signifikannya 0,044 dan 0,040 yang artinya < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan hasil belajar Administrasi Kepegawaian siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Pembelajaran Youtube pada siswa kelas XI OTKP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan Media pembelajaran Youtube terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Youtube, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:18 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57749 |