YUNIARTI, TARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344026_Cover.pdf
Download (40kB)
7193344026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (209kB)
7193344026_Kata_Pengantar.pdf
Download (431kB)
7193344026_Abstrak.pdf
Download (358kB)
7193344026_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
7193344026_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
7193344026_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
7193344026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
7193344026_BAB_I.pdf
Download (747kB)
7193344026_BAB_V.pdf
Download (363kB)
7193344026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (301kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi sebanyak 143 siswa dan sampel penelitian ini adalah satu rombongan belajar yaitu kelas XI OTKP 4 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang dipakai yaitu menetapkan nilai ratarata dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian memperlihatkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil nilai �ℎ����� sebesar 11,149 dengan nilai dasar pengambil keputusan lebih rendah dari 0,05 dan df= 34 diperoleh ������ = 1,69092, maka didapat �ℎ�����>������ (11,149 > 1,69092) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, serta hasil nilai pre-tes sebesar 53,14 dan nilai hasil post test sebesar 77,71 yang berarti hasil belajar meningkat sebesar 31,79 %. Disimpulkanlah ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Media Kahoot, dan Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57739 |