PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING AND ARGUMENTATION (PBLA) DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MANAJEMEN PERKANTORAN SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024

HUTABARAT, SURYANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING AND ARGUMENTATION (PBLA) DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MANAJEMEN PERKANTORAN SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193144016_Cover.pdf] Text
7193144016_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 7193144016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193144016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (867kB)
[thumbnail of 7193144016_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193144016_Kata_Pengantar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 7193144016_Abstrak.pdf] Text
7193144016_Abstrak.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 7193144016_Daftar_Isi.pdf] Text
7193144016_Daftar_Isi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 7193144016_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193144016_Daftar_Tabel.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 7193144016_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193144016_Daftar_Gambar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 7193144016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193144016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 7193144016_BAB_I.pdf] Text
7193144016_BAB_I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 7193144016_BAB_V.pdf] Text
7193144016_BAB_V.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 7193144016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193144016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning and Argumentation (PBLA) dengan bantuan media Pembelajaran Quizizz apakah mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas XI MPLB 6 SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas XI MPLB dan sampel yang diambil yaitu 34 siswa SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitasnya, reliabilitasnya, tingkat kesukaran menggunakan SPPS 25 for Windows dan uji daya beda tes menggunakan excel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t”. penelitian ini dilakukan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning and Argumentation dengan bantuan Media pembelajaran Quizizz.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dari eksperimen adalah 51,91 dan 81,18. Dan perhitungan uji hipotesis di mana � ������ sebesar 54,81 dan � ����� sebesar 1,667. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa � ������ > � ����� yaitu 54,81>1.667 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis dapat diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning and Argumentation (PBLA) dengan bantuan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MPLB 6 SMK Negeri 7 Medan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning and Argumentation dengan bantuan Media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning and Argumentation, Media pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 May 2024 00:55
Last Modified: 30 May 2024 00:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57734

Actions (login required)

View Item
View Item