Pengembangan E-Lkpd Pada Smartphone Menggunakan Kodular dan Uji Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Langkat Pada Materi Ekosistem

Matondang, Atika Wasilah (2023) Pengembangan E-Lkpd Pada Smartphone Menggunakan Kodular dan Uji Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Langkat Pada Materi Ekosistem. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216174009_Cover.pdf] Text
8216174009_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 8216174009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216174009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of 8216174009_Abstrak.pdf] Text
8216174009_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8216174009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216174009_Kata_Pengantar.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 8216174009_Daftar_Isi.pdf] Text
8216174009_Daftar_Isi.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8216174009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216174009_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216174009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216174009_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216174009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216174009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8216174009_BAB_I.pdf] Text
8216174009_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 8216174009_BAB_V.pdf] Text
8216174009_BAB_V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 8216174009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216174009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD dengan Smartphone menggunakan Kodular tentang materi Ekosistem untuk peserta didik yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar berdasarkan materi,komunikasi visual, desain pembelajaran dan pemanfaatan software di kelas X MAN T.P 2022/2023. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian dan pengembangan (R&D) dan dilaksanakan di MAN 2 Langkat dengan jumlah sampel diambil secara purposive sampling dan berjumlah 69 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotorik) siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan E-LKPD dengan Smartphone menggunakan Kodular memiliki pengaruh positif dibandingkan kelas yang diajar tanpa menggunakan E-LKPD dengan Smartphone menggunakan Kodular. Hasil analisis uji Mann Whitney U-test, diperoleh nilai signifikansi (Sig) aktivitas belajar peserta didik yaitu (0.014). Hal tersebut menandakan bahwa nilai sig. < 0.005, yang berarti H0 ditolak berarti hipotesis diterima. Uji hipotesis menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan E-LKPD dengan Smartphone menggunakan kodular memiliki pengaruh positif pada hasil belajar dan aktivitas belajar dibandingkan kelas yang tidak menggunakan ELKPD dengan Smartphone menggunakan kodular di kelas X MAN 2 Langkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 632.507 2 Mat p
Keywords: E-LKPD, Smartphone, Kodular, Aktivitas Belajar, Hasil Belaja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 May 2024 09:33
Last Modified: 28 May 2024 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57630

Actions (login required)

View Item
View Item