Sidabutar, Magdalena (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS X MIA 6 DI SMA NEGERI 2 BALIGE TA 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1173151028_Cover.pdf
Download (129kB)
1173151028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (338kB)
1173151028_Abstrak.pdf
Download (258kB)
1173151028_Kata_Pengantar.pdf
Download (292kB)
1173151028_Daftar_Isi.pdf
Download (281kB)
1173151028_Daftar_Tabel.pdf
Download (154kB)
1173151028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1173151028_BAB_I.pdf
Download (450kB)
1173151028_BAB_V.pdf
Download (173kB)
1173151028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (263kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy teknik self instruction terhadap self esteem pada siswa kelas X MIA – 6 SMA Negeri 6 Balige tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adlah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian inu adalah quasi experiment dengan desain one group pretest and posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X MIA – 6 yang memiliki skor self esteem yang rendah. Instrument yang digunakan adalah angket self esteem, instrument yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data analisis menggunakan Uji Wilcoxon untuk melihat adalah pengaruh signifikan pengaruh konseling kelompok pendekatan cognitive behaviour therpy teknik self instruction terhadap self esteem pada siswa. Hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) diperoleh rata-rata = 73,5, sedangkan setelah diberikan layanan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Teknik Self Instruction (post – test) diperoleh rata-rata 136,25 artinya skor rata-rata peserta didik setelah mendapatkan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy teknik self instruction lebih tinggi sebelum mendapatkan layanan. Perubahan peningkatan self esteem peserta didik ini sebesar 35,50% Hasil dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung > Jtabel dimana nilai Jhitung = 15 dengan α = 0,05 dan N = 8, maka diketahui Jtabel = 4. Sehingga dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 15>4 artinya bahwa hipotesis penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Therapy, Self Instruction, Self Esteem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 09:13 |
Last Modified: | 22 May 2024 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57629 |