PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS X MIA 6 DI SMA NEGERI 2 BALIGE TA 2022/2023

Sidabutar, Magdalena (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS X MIA 6 DI SMA NEGERI 2 BALIGE TA 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1173151028_Cover.pdf] Text
1173151028_Cover.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 1173151028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173151028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 1173151028_Abstrak.pdf] Text
1173151028_Abstrak.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1173151028_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173151028_Kata_Pengantar.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 1173151028_Daftar_Isi.pdf] Text
1173151028_Daftar_Isi.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 1173151028_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173151028_Daftar_Tabel.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1173151028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173151028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1173151028_BAB_I.pdf] Text
1173151028_BAB_I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 1173151028_BAB_V.pdf] Text
1173151028_BAB_V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 1173151028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173151028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy teknik self instruction terhadap self esteem pada siswa kelas X MIA – 6 SMA Negeri 6 Balige tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adlah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian inu adalah quasi experiment dengan desain one group pretest and posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X MIA – 6 yang memiliki skor self esteem yang rendah. Instrument yang digunakan adalah angket self esteem, instrument yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data analisis menggunakan Uji Wilcoxon untuk melihat adalah pengaruh signifikan pengaruh konseling kelompok pendekatan cognitive behaviour therpy teknik self instruction terhadap self esteem pada siswa. Hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) diperoleh rata-rata = 73,5, sedangkan setelah diberikan layanan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Teknik Self Instruction (post – test) diperoleh rata-rata 136,25 artinya skor rata-rata peserta didik setelah mendapatkan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy teknik self instruction lebih tinggi sebelum mendapatkan layanan. Perubahan peningkatan self esteem peserta didik ini sebesar 35,50% Hasil dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung > Jtabel dimana nilai Jhitung = 15 dengan α = 0,05 dan N = 8, maka diketahui Jtabel = 4. Sehingga dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 15>4 artinya bahwa hipotesis penelitian ini diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Therapy, Self Instruction, Self Esteem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 09:13
Last Modified: 22 May 2024 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57629

Actions (login required)

View Item
View Item