PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Br. Ginting, Christy Sellina (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193351045_Cover.pdf] Text
1193351045_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1193351045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 1193351045_Abstrak.pdf] Text
1193351045_Abstrak.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1193351045_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351045_Kata_Pengantar.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 1193351045_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351045_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1193351045_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351045_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193351045_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351045_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193351045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193351045_BAB_I.pdf] Text
1193351045_BAB_I.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 1193351045_BAB_V.pdf] Text
1193351045_BAB_V.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 1193351045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kepercayaan diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Medan T.A 2023/2024?. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjeck penelitian ini ada 10 orang siswa kelas VII-2 yang memiliki skor kepercayaan diri rendah. Instrument yang digunakan adalah skala kepercayaan diri siswa yang berjumlah 35 item pertanyaan yang valid dan reliable. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Wilcoxon dengan α=0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum (pre-test) dilakukan bimbingan kelompok teknik role playing diperoleh rata-rata sebesar 65,3 dan setelah (post-test) dilakukan bimbingan kelompok teknik role playing diperoleh rata-rata sebesar 95,8. Dengan hasil uji Wilcoxon dengan nilai rank terkecil yaitu 25. Sehingga =25, α = 0,05, dan n=10, maka diperoleh =8. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon maka diperoleh
> dimana 25 > 8. Jadi terdapat “pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kepercayaan diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Medan”. Hal ini Hipotesisnya dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 08:54
Last Modified: 22 May 2024 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57621

Actions (login required)

View Item
View Item