PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN

Syahputra, Wahyu Indra (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111075_Cover.pdf] Text
4193111075_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193111075_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111075_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4193111075_Abstrak.pdf] Text
4193111075_Abstrak.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4193111075_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111075_Kata_Pengantar.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4193111075_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111075_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4193111075_BAB_I.pdf] Text
4193111075_BAB_I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4193111075_BAB_V.pdf] Text
4193111075_BAB_V.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4193111075_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111075_Daftar_Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan non tes, yaitu tes kemampuan berpikir komputasi dan observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal siswa, terdapat hanya 6 siswa atau 23,08% yang memenuhi KKM dengan rata-rata nilai tes kemampuan awal 45,65 yang tergolong sangat rendah. Pada siklus I, jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat dari 6 siswa menjadi 15 siswa atau 23,08% menjadi 57,69%. Rata-rata nilai tes kemampuan berpikir komputasi I juga meningkat dari 45,65 menjadi 66,88 dengan kategori rendah. Pada siklus II, diperoleh jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat dari 15 siswa menjadi 22 siswa atau 57,69% menjadi 84,62%. Rata-rata nilai tes kemampuan berpikir komputasi II juga meningkat dari 66,88 menjadi 80,27 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus II dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasil sehingga dapat dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dan beberapa penelitian yang relevan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sya p
Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; Berpikir komputasi; Sistem persamaan linear tiga variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 08:17
Last Modified: 22 May 2024 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57604

Actions (login required)

View Item
View Item