Perbedaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X SMK Swasta Dwiwarna Medan

Siregar, Rikardo Febi Perdiansyah (2022) Perbedaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173121027 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5173121027 COVER.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5173121027 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5173121027 APPROVAL SHEET.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5173121027 PREFACE.pdf] Text
3. NIM. 5173121027 PREFACE.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5173121027 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM. 5173121027 ABSTRACT.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5173121027 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM. 5173121027 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5173121027 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5173121027 LIST OF TABLES.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5173121027 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5173121027 ILLUSTRATION.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5173121027 APPENDIX LIST.pdf] Text
8. NIM. 5173121027 APPENDIX LIST.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5173121027 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5173121027 CHAPTER I.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5173121027 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5173121027 CHAPTER V.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5173121027 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5173121027 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan metode Kuasi-Eksperimen. Pada dasarnya rancangan ini menggunakan dua kelompok, namun pemilihan kedua kelompok tersebut bukan secara random. Kelompok yang terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol yang tidak dipilih secara Purposive dan dilakukan pretest kemudian dikenai treatment. Penelitian ini dilakukan dikelas X SMK Swasta Dwiwarna Medan yang dilaksanakan pada semester genap. Dalam pengambilan data, penelitian dilakukan sebanyak 6 pertemuan dengan urutan kegiatan pemberian pretest, treatment dan posttest. Populasi terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.
Hasil analisis data, digunakan yaitu hipotesis dua arah sehingga menggunakan two-tail. Hasilnya t tabel yaitu 2,131 dengan p value sebesar 0,014. oleh karena p value lebih kecil dari alfa 5% atau dengan melihat |t hitung| > t tabel maka keputusannya Tolak H0. Artinya ada perbedaan model Project Based Learning dengan model konvensional terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PDTM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning; Hasil Belajar PDTM
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 May 2024 07:46
Last Modified: 22 May 2024 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57597

Actions (login required)

View Item
View Item