Winarto, Ramadhan (2022) Pengembangan Buku Latihan Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Gambar Teknik Pada Siswa Kelas XI Teknik Mesin di SMK Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5173321037 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM 5173321037 APPROVAL SHEET.pdf
Download (274kB)
3. NIM 5173321037 ABSTRACT.pdf
Download (64kB)
4. NIM 5173321037 PREFACE.pdf
Download (62kB)
5. NIM 5173321037 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (87kB)
6. NIM 5173321037 TABLES.pdf
Download (33kB)
7. NIM 5173321037 ILLUSTRATION.pdf
Download (58kB)
8. NIM 5173321037 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
9. NIM 5173321037 CHAPTER I.pdf
Download (262kB)
13. NIM 5173321037 CHAPTER V.pdf
Download (265kB)
14. NIM 5173321037 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (202kB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca gambar teknik pada mata pelajaran gambar teknik mesin, padahal sudah disediakan buku ajar, siswa masih belum paham dalam membaca gambar teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku latihan gambar teknik dengan cara berbasis visual proyeksi isometri serta efektifitasnya pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dwiwarna Medan TA 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan metode pengembangan model 4-D (four-D) yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Dwiwarna Medan dengan sampel 20 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui observasi, angket, dokumen ujicoba pembelajaran dan tes validitas. Data-data yang diperoleh selanjutnya dianalisis sehingga diperoleh simpulan penelitian. Hasil penelitian dan pengembangan Buku Latihan Gambar Teknik Mesin berbasis sket isometri ini sebagai berikut: (1) Validitas aspek materi pembelajaran adalah rerata 5 (100%) dengan katagori sangat layak, pada aspek media pembelajaran dengan nilai rerata 4,68 (93,6%) dengan katagori sangat layak dan desain pembelajaran dengan nilai rerata 4,38 (87,6%) dengan katagori sangat layak. (2) Hasil uji efektifitas perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum uji coba diperoleh 60,64 dan sesudah uji coba memperoleh nilai rerata 81,82 dengan menggunakan uji t-test terbukti hal ini di tunjukkan oleh hasil t-test sebesar t hitung (7.540239431) > t tabel (2.093024054). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Buku Latihan Gambar Teknik Mesin berbasis sket isometri dinyatakan valid dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar gambar teknik guna meningkatkan kemampuan baca gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gambar Teknik; Buku Latihan Gambar Teknik; Kemampuan Baca Gambar Teknik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:42 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57596 |