PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KEANEKARAGAMAN HAYATI MANGROVE BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI HUTAN BAKAU TELUK SIABANG NIAS UTARA

Harefa, Yolana (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KEANEKARAGAMAN HAYATI MANGROVE BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI HUTAN BAKAU TELUK SIABANG NIAS UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191141026_Cover.pdf] Text
4191141026_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 4191141026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191141026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4191141026_Abstrak.pdf] Text
4191141026_Abstrak.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4191141026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191141026_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4191141026_Daftar_Isi.pdf] Text
4191141026_Daftar_Isi.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4191141026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191141026_Daftar_Tabel.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4191141026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191141026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (40kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) keanekaragaman hayati mangrove Teluk Siabang, Nias Utara berbasis discovery learning yang berfungsi sebagai salah satu pilihan bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman terkait keanekaragaaman hayati yang berada di lingkungan peserta didik. Instrument yang digunakan untuk mendapatkan data terdiri dari instrument validasi ahli materi, ahli desain, ahli pembelajaran, selanjutnya instrument untuk melihat respon guru dan peserta didik, instrument penilaian keefektifan produk melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai pembanding. Setelah seluruh data yang dikumpulkan melalui instrument diperoleh, dan LKPD telah dikategorikan valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan terhadap pembelajaran biologi di SMA N.1 Lotu, Nias Utara. Hasil yang diperoleh yaitu (1) LKPD yang dikembangkan menurut ahli materi dikategorikan sangat layak dengan nilai 93.84; (2) Penilaian dari ahli desain masuk pada kategori sangat layak dengan nilai 96; (3) 96.92 adalah nilai yang diberikan ahli pembelajaran, dikategorikan sangat layak; (4) Respon yang diberikan guru SMA N. 1 Lotu, Nias Utara masuk dalam kategori layak dengan nilai 81.66; (5) Respon peserta didik dikategorikan sangat layak dengan nilai 98.51; dan (6) Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajar mencapai 85% pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol tidak ada peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar peserta didik melalui pretest dan posttest diperoleh N-gain sebesar 0.71 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol diperoleh N-gain sebesar 0,21 (kategori rendah). Dari nilai yang diperoleh produk dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keanekaragaman hayati; Mangrove; Hutan bakau
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 04:48
Last Modified: 22 May 2024 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57570

Actions (login required)

View Item
View Item