Harefa, Yolana (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KEANEKARAGAMAN HAYATI MANGROVE BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI HUTAN BAKAU TELUK SIABANG NIAS UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191141026_Cover.pdf
Download (45kB)
4191141026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (327kB)
4191141026_Abstrak.pdf
Download (76kB)
4191141026_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
4191141026_Daftar_Isi.pdf
Download (80kB)
4191141026_Daftar_Tabel.pdf
Download (41kB)
4191141026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (40kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) keanekaragaman hayati mangrove Teluk Siabang, Nias Utara berbasis discovery learning yang berfungsi sebagai salah satu pilihan bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman terkait keanekaragaaman hayati yang berada di lingkungan peserta didik. Instrument yang digunakan untuk mendapatkan data terdiri dari instrument validasi ahli materi, ahli desain, ahli pembelajaran, selanjutnya instrument untuk melihat respon guru dan peserta didik, instrument penilaian keefektifan produk melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai pembanding. Setelah seluruh data yang dikumpulkan melalui instrument diperoleh, dan LKPD telah dikategorikan valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan terhadap pembelajaran biologi di SMA N.1 Lotu, Nias Utara. Hasil yang diperoleh yaitu (1) LKPD yang dikembangkan menurut ahli materi dikategorikan sangat layak dengan nilai 93.84; (2) Penilaian dari ahli desain masuk pada kategori sangat layak dengan nilai 96; (3) 96.92 adalah nilai yang diberikan ahli pembelajaran, dikategorikan sangat layak; (4) Respon yang diberikan guru SMA N. 1 Lotu, Nias Utara masuk dalam kategori layak dengan nilai 81.66; (5) Respon peserta didik dikategorikan sangat layak dengan nilai 98.51; dan (6) Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajar mencapai 85% pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol tidak ada peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar peserta didik melalui pretest dan posttest diperoleh N-gain sebesar 0.71 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol diperoleh N-gain sebesar 0,21 (kategori rendah). Dari nilai yang diperoleh produk dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Mangrove; Hutan bakau |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 22 May 2024 04:48 |
Last Modified: | 22 May 2024 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57570 |