Hidayah, Taufik (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Pada Siswa Kelas Xi Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5182111006 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM 5182111006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (429kB)
3. NIM 5182111006 ABSTRACT.pdf
Download (234kB)
4.NIM 5182111006 PREFACE.pdf
Download (232kB)
5. NIM 5182111006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (63kB)
6. NIM 5182111006 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
7. NIM 5182111006 TABLES.pdf
Download (33kB)
8. NIM 5182111006 CHAPTER I.pdf
Download (482kB)
12. NIM 5182111006 CHAPTER V.pdf
Download (166kB)
13. NIM 5182111006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (62kB)
Abstract
Pada dasarnya para peserta didik dituntut mencari informasi secara mandiri mengingat keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka di lingkungan sekolah, sehingga dibutuhkan media pembelajaran sebagai sarana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran menggunakan Powtoon dalam bentuk video pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 5 Medan , (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Powtoon dalam bentuk video pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi sebagai media belajar Pada Program Keahlian Desain Permodelan Informasi
Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 5 Medan. Lokasi penelitian ini dilakukan SMK Negeri 5 Medan khususnya peseta didik kelas XI . Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development) dengan pengembangan model 4D (Four-D). Pengembangan model 4D (Four-D) meliputi tahapan Define (Pendefinisian), Design (perancangan), dDevelopment (pengemangan), Disseminate (Penyebaran) Instrumen yangdigunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran dalam benuk video menggunakan Powtoon melalui validasi ahli media dan ahli materi, serta dilakukan penilaian oleh pengguna (siswa). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, video pembelajaran yang dikembangkan mencakup materi tentang Rencana Kerja dan Syarat-syarat. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 4,5 dengan interpretasi “sangat layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 3,6 dengan interpretasi “Layak”.dan Hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,8 dengan interpretasi “Sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran menggunakan Powtoon layak digunakan dan dapat digunakan sebagai media belajar siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Estimasi Biaya Konstruks; Powtoon |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 04:36 |
Last Modified: | 22 May 2024 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57567 |