Sinaga, Ririn Elizabeth (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMANGKASAN RAMBUT (LAYER) SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113144035 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 5113144035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
3. NIM. 5113144035 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4. NIM. 5113144035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
5. NIM. 5113144035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM. 5113144035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
7. NIM. 5113144035 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
8. NIM. 5113144035 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
9. NIM. 5113144035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
13. NIM. 5113144035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
14. NIM. 5113144035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa saat persiapan alat dan bahan kerja dalam pemangkasan rambut increase layer. 2) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa saat memegang gunting dalam pemangkasan rambut increase layer. 3) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa saat membentuk garis pola oval dalam pemangkasan rambut increase layer. 4) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa saat mengaplikasikan teknik pemangkasan rambut increase layer di SMK Negeri 8 Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu, kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pemangkasan rambut (layer). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sampel dalam penelitian adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan sebanyak 5 orang pengamat untuk mengukur kesulitan belajar siswa pada pemangkasan rambut increase layer. Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik statistik dasar yang digambarkan dalam bentuk persentase. Rata-rata hasil penelitian dari 5 orang pengamat kemudian dikategorikan sangat baik dengan skor 4, baik dengan skor 3, cukup dengan skor 2 dan kurang dengan skor 1.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pemangkasan rambut increase layer sebesar 19,5% dan standar deviasi sebesar 2,09 % dengan skor tertinggi 26 dan skor terendah 16. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam melakukan pemangkasan rambut increase layer masih tergolong cukup. Kesimpulan dalam penelitian adalah (1) sebanyak 90% siswa dikategorikan baik karena siswa sudah melengkapi alat dan bahan kerja saat pemangkasan rambut increase layer. Dapat disimpulkan bahwa siswa tidak mengalami kesulitan dalam persiapan alat dan bahan kerja. (2) Sebanyak 47% siswa dikategorikan sangat baik dan sebanyak 43% siswa dikategorikan baik karena siswa sudah benar-benar mahir dalam memgang gunting ketika memangkas rambut increase layer. Dapat disimpulkan bahwa siswa tidak mengalami kesulitan dalam memegang gunting. (3) Sebanyak 63% siswa diategorikan cukup karena siswa kurang tepat membentuk garis pola oval dalam pemangkasan rambut increase layer. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan saat membentuk garis pola oval. (4) Sebanyak 64% dikategorikan cukup karena siswa kurang mampu dalam mengaplikasikan teknik pemangkasan rambut increase layer. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan saat mengaplikasikan teknik pemangkasan rambut increase layer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 027 |
Keywords: | Rambut Increase Layer; Gunting;; Pemangkasan Rambut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 06:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5755 |