ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMATERI VIRUS DI KELAS X IPA SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2022/2023

Nababan, Viorenthiya (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMATERI VIRUS DI KELAS X IPA SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4173141069_Cover.pdf] Text
4173141069_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4173141069_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173141069_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 4173141069_Abstrak.pdf] Text
4173141069_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4173141069_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173141069_Kata_Pengantar.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 4173141069_Daftar_Isi.pdf] Text
4173141069_Daftar_Isi.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4173141069_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173141069_Daftar_Gambar.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4173141069_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173141069_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4173141069_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173141069_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4173141069_BAB_I.pdf] Text
4173141069_BAB_I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 4173141069_BAB_V.pdf] Text
4173141069_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4173141069_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173141069_Daftar_Pustaka.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi virus ditinjau dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor eksternal penyebab kesulitan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 54 siswa yang dilakukan secara Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berupa pilihan ganda dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek kognitif yang tertinggi yaitu terdapat pada aspek kognitif C6 (menciptakan) sebesar 77,78%. Berdasarkan indikator pembelajaran yang tertinggi yaitu pada indikator-5 tentang mengkomunikasikan cara menghindari bahaya virus seperti: influenza, AIDS, flu burung, dan lain-lain dengan persentase sebesar 50%. Kesulitan belajar siswa berdasarkan faktor eksternal yang paling menghambat yaitu faktor sekolah, pada aspek relasi guru dengan siswa dengan persentase sebesar 73,84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Materi virus; Kesulitan belajar; Indikator pemeblajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 04:06
Last Modified: 22 May 2024 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57549

Actions (login required)

View Item
View Item