PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Tampubolon, Yonni Sepriani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431006_Cover.pdf] Text
4202431006_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4202431006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4202431006_Abstrak.pdf] Text
4202431006_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4202431006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431006_Kata_Pengantar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4202431006_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431006_Daftar_Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4202431006_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202431006_Daftar_Tabel.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4202431006_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202431006_Daftar_Gambar.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4202431006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202431006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4202431006_BAB_I.pdf] Text
4202431006_BAB_I.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4202431006_BAB_V.pdf] Text
4202431006_BAB_V.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4202431006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran Kooperatif dan Motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Desain penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes pilihan berganda dan instrumen non tes berupa angket motivasi. Instrumen hasil belajar digunakan sebanyak 25 item dalam bentuk memenuhi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruction. Berdasarkan uji analisis ANAVA didapatkan hasil terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dan terdapat pengaruh interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Uji BNT didapatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan rataan hasil belajar yang tertingi, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan kelompok yang menggunakan model pembelajaran tipe TPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ikatan Kimia, Kooperatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 03:11
Last Modified: 22 May 2024 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57521

Actions (login required)

View Item
View Item