Syafitri, Sri Hawani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411011_Cover.pdf
Download (78kB)
4192411011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (69kB)
4192411011_Abstrak.pdf
Download (75kB)
4192411011_Kata_Pengantar.pdf
Download (104kB)
4192411011_Daftar_Isi.pdf
Download (217kB)
4192411011_BAB_I.pdf
Download (149kB)
4192411011_BAB_V.pdf
Download (75kB)
4192411011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (34kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang disebut juga Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan respon siswa. Media pembelajaran divalidasi oleh 2 dosen jurusan matematika dan 4 guru matematika SMP Negeri 29 Medan. Media yang telah dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP memdapatkan rata-rata persentase 96,59% dengan kriteria “sangat valid” dari penilaian ahli materi dan ahli media, memdapatkan rata-rata persentase 91,40% dengan kriteria “sangat praktis” dari penilaian praktisi pembelajaran, dan memdapatkan rata-rata persentase 89,34% dengan kriteria “sangat efektif” dari penilaian siswa. Media pembelajaran juga dikatakan efektif bila ditinjau dari skor N-Gain peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yakni didapat rata – rata persentase 85,00% dengan kriteria “sangat efektif”, dan ditinjau dari hasil belajar siswa yakni didapatkan persentase ketuntasan sebesar 90,63%. Didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sya p |
Keywords: | Pemahaman matematis; Macromedia Flash 8; Pembelajaran interaktif; Media pembelajaran; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:29 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57511 |