PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP

Syafitri, Sri Hawani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411011_Cover.pdf] Text
4192411011_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4192411011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4192411011_Abstrak.pdf] Text
4192411011_Abstrak.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4192411011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411011_Kata_Pengantar.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4192411011_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411011_Daftar_Isi.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4192411011_BAB_I.pdf] Text
4192411011_BAB_I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4192411011_BAB_V.pdf] Text
4192411011_BAB_V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4192411011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang disebut juga Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan respon siswa. Media pembelajaran divalidasi oleh 2 dosen jurusan matematika dan 4 guru matematika SMP Negeri 29 Medan. Media yang telah dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP memdapatkan rata-rata persentase 96,59% dengan kriteria “sangat valid” dari penilaian ahli materi dan ahli media, memdapatkan rata-rata persentase 91,40% dengan kriteria “sangat praktis” dari penilaian praktisi pembelajaran, dan memdapatkan rata-rata persentase 89,34% dengan kriteria “sangat efektif” dari penilaian siswa. Media pembelajaran juga dikatakan efektif bila ditinjau dari skor N-Gain peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yakni didapat rata – rata persentase 85,00% dengan kriteria “sangat efektif”, dan ditinjau dari hasil belajar siswa yakni didapatkan persentase ketuntasan sebesar 90,63%. Didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sya p
Keywords: Pemahaman matematis; Macromedia Flash 8; Pembelajaran interaktif; Media pembelajaran; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 03:29
Last Modified: 10 Jun 2024 07:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57511

Actions (login required)

View Item
View Item