Sidauruk, Damayanti Veronika (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Dengan Menggunakan Software I-Spring Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Untuk SMK Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5181111015 COVER.pdf
Download (174kB)
2. NIM 5181111015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (448kB)
3. NIM 5181111015 ABSTRACT.pdf
Download (257kB)
4. NIM 5181111015 PREFACE.pdf
Download (407kB)
5. NIM 5181111015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (294kB)
6. NIM 5181111015 ILLUSTRATION.pdf
Download (125kB)
7. NIM 5181111015 TABLES.pdf
Download (125kB)
8. NIM 5181111015 APPENDICES.pdf
Download (125kB)
9. NIM 5181111015 CHAPTER I.pdf
Download (515kB)
13. NIM 5181111015 CHAPTER V.pdf
Download (255kB)
14. NIM 5181111015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (268kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, diketahui guru mata pelarajan Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah masih menggunakan media pembelajaran sederhana, yaitu menggunakan media cetak, seperti : buku teks hand out, dan menggunakan media power point yang masih sederhana dengan melampirkan teks dan gambar saja. Dengan mengetahui permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran power point dengan menggunakan software I-spring pada materi konstruksi kayu yang valid dan layak. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur yang dipakai dalam melakukan pengembangan ini dilakukan sesuai dengan model pengembangan oleh Dick and Carry (1996), yaitu model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Namun, dikarenakan tujuan pengembangan produk pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak, maka peneliti melakukan penelitian sampai pada tahap Development (pengembangan) yaitu pada tahap revisi produk dan uji coba skala kecil pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan rata-rata hasil validasi produk yang dilakukan, media pembelajaran ini dinyatakan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi validasi Ahli Media diperoleh skala penilaian sebesar 90%, validasi Ahli Materi 85%. Serta berdasarkan uji coba skala kecil yang dilakukan pada 20 siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam diperoleh skala penilaian sebesar 87,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; ADDIE; Konstruksi Kayu |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:58 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57509 |