PENGEMBANGAN MODUL KIMIA HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI REAKSI REDOKS

Hutabarat, Venty Eologi (2023) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193331043_Cover.pdf] Text
4193331043_Cover.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4193331043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 4193331043_Abstrak.pdf] Text
4193331043_Abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4193331043_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331043_Kata_Pengantar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4193331043_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331043_Daftar_Isi.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193331043_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193331043_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4193331043_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193331043_Daftar_Gambar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4193331043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193331043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4193331043_BAB_I.pdf] Text
4193331043_BAB_I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 4193331043_BAB_V.pdf] Text
4193331043_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193331043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, praktikalitas dan efektivitas modul kimia Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi reaksi redoks Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yang terdiri dari 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket kelayakan modul oleh validator, angket respon peserta didik, soal pilihan ganda yang terintegrasi soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebanyak 40 butir soal. Disain penelitian menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Hasil penelitian kevalidan modul diperoleh rata-rata persentase oleh ahli materi dan media sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan di kelas. Persentase praktikalitas modul sebesar 91% dengan kategori modul sangat layak digunakan dan diterapkan dikelas oleh peserta didik. Stelah modul diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran maka dapat diketahui keefektivan modul terhadap hasil belajar peserta didik yang meningkat sebanyak 70% dengan persentase rata-rata sebesar 56% kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul Kimia Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Reaksi Redoks layak digunakan di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas X IPA 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kelayakan Modul, Instrumen HOTS, Respon peserta Didik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:59
Last Modified: 22 May 2024 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57508

Actions (login required)

View Item
View Item