Hutabarat, Venty Eologi (2023) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331043_Cover.pdf
Download (101kB)
4193331043_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (779kB)
4193331043_Abstrak.pdf
Download (122kB)
4193331043_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
4193331043_Daftar_Isi.pdf
Download (124kB)
4193331043_Daftar_Tabel.pdf
Download (95kB)
4193331043_Daftar_Gambar.pdf
Download (93kB)
4193331043_Daftar_Lampiran.pdf
Download (95kB)
4193331043_BAB_I.pdf
Download (348kB)
4193331043_BAB_V.pdf
Download (63kB)
4193331043_Daftar_Pustaka.pdf
Download (154kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, praktikalitas dan efektivitas modul kimia Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi reaksi redoks Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yang terdiri dari 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket kelayakan modul oleh validator, angket respon peserta didik, soal pilihan ganda yang terintegrasi soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebanyak 40 butir soal. Disain penelitian menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Hasil penelitian kevalidan modul diperoleh rata-rata persentase oleh ahli materi dan media sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan dapat digunakan di kelas. Persentase praktikalitas modul sebesar 91% dengan kategori modul sangat layak digunakan dan diterapkan dikelas oleh peserta didik. Stelah modul diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran maka dapat diketahui keefektivan modul terhadap hasil belajar peserta didik yang meningkat sebanyak 70% dengan persentase rata-rata sebesar 56% kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul Kimia Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Reaksi Redoks layak digunakan di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas X IPA 2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kelayakan Modul, Instrumen HOTS, Respon peserta Didik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57508 |