Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 14 Medan Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Ginting, Brema Firdaus (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 14 Medan Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5173111005 COVER.pdf] Text
1. NIM 5173111005 COVER.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2. NIM 5173111005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5173111005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of 3. NIM 5173111005 ABSTRACK.pdf] Text
3. NIM 5173111005 ABSTRACK.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4. NIM 5173111005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5173111005 PREFACE.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 5. NIM 5173111005 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 5173111005 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 6. NIM 5173111005 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM 5173111005 LIST OF TABLES.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7. NIM 5173111005 LIST OF PICTURES.pdf] Text
7. NIM 5173111005 LIST OF PICTURES.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 8. NIM 5173111005 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5173111005 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 9. NIM 5173111005 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5173111005 CHAPTER I.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 13. NIM 5173111005 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5173111005 CHAPTER V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 14. NIM 5173111005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5173111005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Gambar Teknik yang rendah dan masih kurang tersedianya bahan ajar terutama berbasis modul pada proses pembelajaran pada kelas X DPIB di SMK Negeri 14 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui proses pengembangan modul yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik, (2) Mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Gambar Teknik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media/modul, guru mata pelajaran dan siswa kelas X DPIB. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menguji tingkat kelayakan modul melalui validasi dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru mata pelajaran, dan pengguna. Validasi yang dilakukan didapat skor akumulasi sebesar 88,5% dengan rincian ahli media memberikan skor 95,1%, ahli materi memberikan skor 85,4%, ahli bahasa memberikan skor 84%, guru mata pelajaran memberikan skor 96,2%, dan hasil akumulasi 22 orang pengguna sebesar 81,6%. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji coba kepada pengguna maka dapat simpulkan bahwa modul pelajaran Gambar Teknik yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Modul; Research and Development (R&D); Gambar Teknik; ADDIE
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 May 2024 02:54
Last Modified: 22 May 2024 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57507

Actions (login required)

View Item
View Item