ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Ritonga, Tiara (2024) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131044_Cover.pdf] Text
4203131044_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203131044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of 4203131044_Abstrak.pdf] Text
4203131044_Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4203131044_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131044_Kata_Pengantar.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 4203131044_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131044_Daftar_Isi.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4203131044_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131044_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4203131044_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131044_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4203131044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4203131044_BAB_I.pdf] Text
4203131044_BAB_I.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 4203131044_BAB_V.pdf] Text
4203131044_BAB_V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4203131044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi kesetimbangan kimia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I (XI IPA 3) yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelas eksperimen II (XI IPA 4) yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrument tes. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Pada uji normalitas dan homogenitas di setiap sampel kelas didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain, hasil olah data menunjukkan bahwasanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I masuk dalam kategori sedang, dan pada kelas eksperimen II masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji Independent Sample T-Test untuk uji hipotesis diperoleh nilai Sig. = 0,017 pada taraf signifikansi 5% (� = 0,05). Karena nilai Sig. < � (0,05), maka dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi kesetimbangan kimia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Discovery Learning, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:54
Last Modified: 22 May 2024 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57506

Actions (login required)

View Item
View Item