Simanullang, Nurmaya Teresia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS GOOGLE FORM UNTUK MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN PADA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183341023_Cover.pdf
Download (291kB)
4183341023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (623kB)
4183341023_Abstrak.pdf
Download (315kB)
4183341023_Kata_Pengantar.pdf
Download (348kB)
4183341023_Daftar_Isi.pdf
Download (272kB)
4183341023_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
4183341023_Daftar_Tabel.pdf
Download (290kB)
4183341023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (322kB)
4183341023_BAB_I.pdf
Download (468kB)
4183341023_BAB_V.pdf
Download (316kB)
4183341023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (485kB)
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan instrumen evaluasi hasil belajar berbasis google form yang valid dan reliabel untuk mata kuliah Perkembangan Hewan. Instrumen dikembangkan mengikuti model pengembangan 4D (define, design, develop, dessiminate). Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (PSPB) angkatan 2021 kelas B berjumlah 26 orang. Data diperoleh dari angket validasi dan angket respon mahasiswa. Rancangan awal instrumen evaluasi hasil belajar terdiri atas 50 butir pertanyaan. Berdasarkan penilaian validator diperoleh instrumen yang terdiri atas 25 butir pertanyaan yang valid dan reliabel. Hasil validasi oleh ahli instrumen evaluasi diperoleh rata-rata persentase perolehan 98,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan analisis validitas indeks Aiken diperoleh nilai V = 0,942 dengan kriteria validitas tinggi. Reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha diperoleh nilai sebesar 0,796 dengan kriteria tinggi (reliabel), sedangkan analisis data reliabilitas ICC diperoleh hasil kesepakatan antar rater sebesar 0,796, dan untuk setiap rater konsistensinya adalah 0,565. Dapat disimpulkan bahwa kesepakatan antar rater sangat kuat dan setiap penilai memiliki konsistensi yang cukup baik. Hasil analisis data respon mahasiswa menunjukkan bahwa setiap indikator dinilai sangat baik dengan rata-rata persentase perolehan 88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan biologi; Intrumen evaluasi; Perkembengan hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology > QL750 Animal behavior |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:43 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57494 |