Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan

Telaumbanua, Ammi Al-Habiby (2023) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206181005_Cover.pdf] Text
8206181005_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8206181005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206181005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 8206181005_Abstrak.pdf] Text
8206181005_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 8206181005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206181005_Kata_Pengantar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 8206181005_Daftar_Isi.pdf] Text
8206181005_Daftar_Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 8206181005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206181005_Daftar_Tabel.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 8206181005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206181005_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8206181005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206181005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 8206181005_BAB_I.pdf] Text
8206181005_BAB_I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 8206181005_BAB_V.pdf] Text
8206181005_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8206181005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206181005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar menggunakan model cooperative script untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi, dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan, pada saat uji coba lapangan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar menggunakan model cooperative script yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media memperoleh persentase sebesar 84,63% termasuk dengan kategori ‘sangat layak’ dan ahli materi 84,71% dengan kategori ‘sangat layak’. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon guru dengan persentase 91,67% dengan kategori ‘sangat praktis’ dan respon siswa dengan persentase 90% dengan kategori ‘sangat praktis, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan praktis untuk digunakan. Keefektifan diperoleh berdasarkan meningkatnya kemampuan membaca siswa setelah melakukan pretest dan posttest. Pada pretest siswa yang tuntas sebanyak 12 dari 30 siswa setelah menggunakan produk dilakukan posttest dan siswa yang tuntas sebanyak 29 dari 30 siswa. Ketuntasan membaca dengan nilai persentase 96,67% dengan kategori ‘sangat baik’. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat setelah menggunakan bahan ajar menggunakan model cooperative script efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.4 Tel p
Keywords: Bahan Ajar, Cooperative Script, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 May 2024 02:27
Last Modified: 22 May 2024 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57490

Actions (login required)

View Item
View Item