Telaumbanua, Ammi Al-Habiby (2023) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan. Masters thesis, UNIMED.
8206181005_Cover.pdf
Download (52kB)
8206181005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (266kB)
8206181005_Abstrak.pdf
Download (121kB)
8206181005_Kata_Pengantar.pdf
Download (130kB)
8206181005_Daftar_Isi.pdf
Download (225kB)
8206181005_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
8206181005_Daftar_Gambar.pdf
Download (79kB)
8206181005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (80kB)
8206181005_BAB_I.pdf
Download (224kB)
8206181005_BAB_V.pdf
Download (62kB)
8206181005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (188kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar menggunakan model cooperative script untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi, dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 014668 Air Genting Kabupaten Asahan, pada saat uji coba lapangan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar menggunakan model cooperative script yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media memperoleh persentase sebesar 84,63% termasuk dengan kategori ‘sangat layak’ dan ahli materi 84,71% dengan kategori ‘sangat layak’. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon guru dengan persentase 91,67% dengan kategori ‘sangat praktis’ dan respon siswa dengan persentase 90% dengan kategori ‘sangat praktis, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan praktis untuk digunakan. Keefektifan diperoleh berdasarkan meningkatnya kemampuan membaca siswa setelah melakukan pretest dan posttest. Pada pretest siswa yang tuntas sebanyak 12 dari 30 siswa setelah menggunakan produk dilakukan posttest dan siswa yang tuntas sebanyak 29 dari 30 siswa. Ketuntasan membaca dengan nilai persentase 96,67% dengan kategori ‘sangat baik’. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat setelah menggunakan bahan ajar menggunakan model cooperative script efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Tel p |
Keywords: | Bahan Ajar, Cooperative Script, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:27 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57490 |