Sanjaya, Juliani (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN HYGIENE SANITASI SISWA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5111544002 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 5111544002 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM 5111544002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM 5111544002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 5111544002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 5111544002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM 5111544002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
8. NIM 5111544002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 5111544002 BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM 5111544002 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 5111544002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kompetensi keselamatan, kesehatan kerja dan hygiene sanitasi dengan menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media audio visual, (2) hasil belajar keselamatan, kesehatan kerja dan hygiene sanitasi menggunakan media audio visual pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin dan (3) pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar keselamatan, kesehatan kerja dan hygiene sanitasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 62 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kompetensi keselamatan, kesehatan kerja dan hygiene sanitasi pada kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media audio visual) diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,81 dan standar deviasi 7,48 dengan memiliki kecenderungan nilai yang tinggi sebesar 59,4%. Sedangkan pada kelas kontrol (menggunakan media audio visual) diperoleh nilai rata-rata 64,81 dan standar deviasi 10,41 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori cukup sebesar 80%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 4,852 dengan ttabel pada dk = 60 yaitu sebesar 2,00. Maka nilai thitung > ttabel atau 4,852 > 2,00 yang artinya bahwa Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem posing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar keselamatan, kesehatan kerja dan hygiene sanitasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil belajar kompetensi keselamatan, kesehatan kerja dan hygiene sanitasi dengan menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media audio visual lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media audio visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SK-2016 RIAS 018 |
Keywords: | Keselatan Kerja; Hygiene dan Sanitasi; Media Audio Visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 06:10 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5749 |