Pengembangan Modul Pembelajaran Shibori di LKP Mei Goom

Rahmadani, Desi (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Shibori di LKP Mei Goom. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5163343005 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5163343005 COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5163343005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5163343005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 5163343005 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5163343005 ABSTRACT.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5163343005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5163343005 PREFACE.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5163343005 CONTENTS.pdf] Text
5. NIM. 5163343005 CONTENTS.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5163343005 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5163343005 TABLES.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5163343005 PICTURES.pdf] Text
7. NIM. 5163343005 PICTURES.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5163343005 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM. 5163343005 CHAPTER I.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5163343005 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM. 5163343005 CHAPTER V.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5163343005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM. 5163343005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (1) Mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Shibori di LKP Mei Goom. (2) Mengetahui keefektifan Modul Pembelajaran Shibori di LKP Mei Goom. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penilitian R&D (Research and Development) serta model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan prosedural. Subyek uji coba terdiri dari tiga ahli media dan tiga ahli materi serta uji coba lapangan seluruh warga belajar di LKP Mei Goom dengan jumlah keseluruhan warga belajar sebanyak 15 orang, Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang di kumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian dilakukan pada Februari 2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi kelayakan dari ahli materi menilai kelayakan materi dengan rata-rata persentase skor sebesar 92,14 % dengan kategori “sangat baik”. (2) validasi kalayakan dari ahli media dengan rata-rata persentase skor sebesar 89,20 % dengan kategori “sangat baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berada dalam kualifikasi kelayakan “sangat baik”. selanjutnya pada uji efektivitas (1) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi “sangat baik” dengan nilai sebesar 91,00%. (2) Uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi “sangat baik” dengan nilai sebesar 95,00%. (3) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi “sangat baik” dengan nilai sebesar 97,00%. Dengan demikian Uji keefektifan media memperoleh rata-rata skor sebesar 94,33 % dengan kategori “sangat baik” Dengan demikian modul pembelajaran shibori dikategorikan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul Pembelajaran; Shibori; LKP
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 May 2024 01:33
Last Modified: 22 May 2024 01:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57457

Actions (login required)

View Item
View Item