Dewi, Sri (2023) Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Budaya Lokal Kelas V Sekolah Dasar Pusaka Bandar Klippakecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.
8206182023_Cover.pdf
Download (123kB)
8206182023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (297kB)
8206182023_Abstrak.pdf
Download (213kB)
8206182023_Kata_Pengantar.pdf
Download (250kB)
8206182023_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
8206182023_Daftar_Tabel.pdf
Download (166kB)
8206182023_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
8206182023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
8206182023_BAB_I.pdf
Download (455kB)
8206182023_BAB_V.pdf
Download (264kB)
8206182023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (299kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan bahan ajar IPS berbasis Budaya Lokal di Kelas V SD Swasta Pusaka Bandar Klippa; (2) mengetahui efektifitas bahan ajar IPS berbasis budaya lokal yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Swasta Pusaka Bandar Klippa. Tahapan pengembangan bahan ajar dengan jenis penelitian research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D oleh Thigarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Pusaka Bandar Klippa Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan (1) Validasi ahli materi 97,5 % dengan kategori sangat valid, (2) Validasi ahli bahasa 89,5 % dengan kategori sangat valid (3) Validasi ahli desain 91,66 % dengan kategori sangat valid, (4) Respon siswa pada uji coba kelompok kecil terhadap penilaian kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas eksperimen memperoleh nilai 65,7 % dengan kateori layak, (5) Respon siswa pada uji coba lapangan terhadap penilaian kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas eksperimen memperoleh nilai 80,9 % dengan kategori sangat layak. (6) Pada uji kelompok kecil kelas eksperimen pada tes pretest 57,9 dengan kategori “cukup efektif” sedangkan posttest 75,6 dengan kategori “efektif” (7) Pada uji kelompok kecil kelas control pada tes pretest 37,9 dengan kategori “ kurang efektif”sedangkan postest 45,8 dengan kategori “kurang efektif” (8) Pada uji kelompok lapangan di kelas eksperimen pada tes pretest 55,9 dengan kategori “kurang efektif” sedangkan postest 87,3 dengan kategori “ sangat efektif” (9) pada uji kelompok lapangan di kelas control pada test pretest 45,9 dengan kategori “ kurang efektif” sedangkan postest 58,6 dengan kategori “kurang efektif”. Bahan ajar IPS budaya lokal materi benda-benda di sekitar kita sangat layak dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Dew p |
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Budaya Lokal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 10:20 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57449 |