Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Budaya Lokal Kelas V Sekolah Dasar Pusaka Bandar Klippakecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Dewi, Sri (2023) Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Budaya Lokal Kelas V Sekolah Dasar Pusaka Bandar Klippakecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206182023_Cover.pdf] Text
8206182023_Cover.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 8206182023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206182023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 8206182023_Abstrak.pdf] Text
8206182023_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8206182023_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206182023_Kata_Pengantar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 8206182023_Daftar_Isi.pdf] Text
8206182023_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8206182023_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206182023_Daftar_Tabel.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 8206182023_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206182023_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8206182023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206182023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8206182023_BAB_I.pdf] Text
8206182023_BAB_I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 8206182023_BAB_V.pdf] Text
8206182023_BAB_V.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 8206182023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206182023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan bahan ajar IPS berbasis Budaya Lokal di Kelas V SD Swasta Pusaka Bandar Klippa; (2) mengetahui efektifitas bahan ajar IPS berbasis budaya lokal yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Swasta Pusaka Bandar Klippa. Tahapan pengembangan bahan ajar dengan jenis penelitian research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D oleh Thigarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Pusaka Bandar Klippa Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan (1) Validasi ahli materi 97,5 % dengan kategori sangat valid, (2) Validasi ahli bahasa 89,5 % dengan kategori sangat valid (3) Validasi ahli desain 91,66 % dengan kategori sangat valid, (4) Respon siswa pada uji coba kelompok kecil terhadap penilaian kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas eksperimen memperoleh nilai 65,7 % dengan kateori layak, (5) Respon siswa pada uji coba lapangan terhadap penilaian kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas eksperimen memperoleh nilai 80,9 % dengan kategori sangat layak. (6) Pada uji kelompok kecil kelas eksperimen pada tes pretest 57,9 dengan kategori “cukup efektif” sedangkan posttest 75,6 dengan kategori “efektif” (7) Pada uji kelompok kecil kelas control pada tes pretest 37,9 dengan kategori “ kurang efektif”sedangkan postest 45,8 dengan kategori “kurang efektif” (8) Pada uji kelompok lapangan di kelas eksperimen pada tes pretest 55,9 dengan kategori “kurang efektif” sedangkan postest 87,3 dengan kategori “ sangat efektif” (9) pada uji kelompok lapangan di kelas control pada test pretest 45,9 dengan kategori “ kurang efektif” sedangkan postest 58,6 dengan kategori “kurang efektif”. Bahan ajar IPS budaya lokal materi benda-benda di sekitar kita sangat layak dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Dew p
Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Budaya Lokal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 10:20
Last Modified: 22 May 2024 01:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57449

Actions (login required)

View Item
View Item